[REVIEW] RIMMEL Stay Matte Pressed Powder

Kembali mengangkat barang yang dipuja oleh banyak youtube guru di luar negri sana, akhirnya gue memutuskan buat beli juga. Sebenernya sempet galau mau beli apa engga soalnya kan ini cuma bedak gitu ya, drugstore pula, apa bener dia bisa nahan minyak sebagus itu? Yah berubung Tanya Burr sama Tati pada ngomongin terus gue ikutan gatel juga dan beli deh akhirnya si Rimmel Stay Matte Pressed Powder.



 
Kita liat klaimnya yang bikin dia worth to try:

"Up to 5 hours natural shine control with natural minerals. Helps minimise the appearance of pores. Dermatologically tested."

Kadang produk yang janjinya manusiawi gini nih yang suka bikin lemah iman. Setidaknya mereka gak menjanjikan hal-hal muluk kemudian mengecewakan pembeli karena janji tinggal lah janji. Tsaahh~~






Maap ini udah agak buluk soalnya kemaren setengah bulan dibawa jalan-jalan di kotak mekap disimpennya juga gasrak-grusuk, untung masi ada jejaknya buat dipoto. *lap jidat*





Sebenernya titik awal gue pengen mencoba dan akhirnya memutuskan buat beli bedak ini adalah packagingnya yang simpel dengan warna nude di bagian bawah sama transparan di bagian atas. Dibukanya juga kaya loose powder gitu kan tutup sama wadahnya misah. Biasanya kan kalo compact powder gitu nyambung. Jadi, dea keleatan beda ajah getoh. <-- Dibaca ala ababil ftv. (jadi kebawa gegara baru denger abegeeehh lageh berantem di bioskop pake logat, yang, gawel abeess).


Pas gue baru pegang emang kesannya ringkih banget nih tempatnya, tapi setelah 15 hari dia dibanting-banting di dalem koper dan masih selamat damai sentosa sampai hari ini membuktikan bahwa pendapat gue salah. Cuma yaa, tulisan di atasnya itu kan cuma embos jadi wajarlah kalo dia mulai kabur-kaburan. Mungkin kebanyakan nyangkut di benda mekap gue yang lain. Dan sekarang mereka bersama bersatu padu membentuk koalisi pembentukan kabinet baru. BUT ANYWAY, pas baru dibuka juga didalemnya ada embosan lambangnya Rimmel yaitu mahkota yang kaya ada di brushnya photoshop itu. Tapi itu juga gak tebel-tebel amat, ini pakenya udah gue sayang-sayang nih, light handed biar masih keliatan buat gue foto. Abis poto baru BEBAASS,, BEBAASSS!!! Tapi ini juga udah hampir gak keliatan gini yak.. huhu..


Yang enaknya juga dia bentuknya bulet dan lumayan lebar dibanding bedak gue yang lainnya, jadi enak kalo pas nyocol brush semua bulunya langsung nempel ke pan.





Gue beli yang warna 001 Transparent. Selain gue berpikir kalo nanti gue makeup-in orang jadi gak bingung mesti punya sekian jenis shade, guenya sendiri juga males milih-milih dan nyocokin warna. Yang gampang ajalah udaahh.. Terus orang-orang juga bilang dia baunya kaya nenek-nenek. Menurut gue engga ah, kalo pas dipake biasa aja gitu sih gak kecium apa-apa, tapi kalo dicium dari jarak hidung sama bedaknya cuma 0,5 cm baru deh kecium ada sedikit wangi-wangi bunganya, tapi sangat sangat mild. Mungkin bule-bule itu belom pernah nyium wangi bedak Marcks kali ya. Itu baru wangi nenek-nenek yang sesungguhnya. Oiya salah satu alesan gue ngabur dari Marcks untuk sementara adalah karena idung gue lagi sensitif super! Tiba-tiba di suatu pagi yang cerah hidung gue memutuskan untuk membenci makeup yang bau nenek-nenek atau bau apapun yang terlalu kenceng. Terus juga mungkin lagi bosen aja kali ya kaya gak ada bedak laen yang bisa dipake selain itu. 





Teksturnya aluuusss banget hampir menuju buttery tapi kalo diusrek kenapsuan bisa jadi agak powdery juga. Di pan-nya sih berasa bedak yang "empuk" gitu ke arah tipe-tipenya two way cake dibanding pressed powder yang agak "keras". Semoga pembaca sekalian bisa mengerti maksud gue. Amin? Aaaaamiiiinn...


Tuh kan, baru dibahas packaging sama teksturnya aja udah menarik banget. Dia beda gitu deh anaknya. Gak mau ikutan yang mainstream.

Berlanjut ke finnishnya, udah pasti dari namanya ya matte dong yaaaa... Tapi tapi tapi, dia ada shimmernya cuma aluuusss banget almost unrecognizeable. Gue aja udah pake sebulan hampir tiap hari kaga nyadar kalo kaga buat nulis ini review sampe gue pelototin ini benda. Mungkin ini yang bikin kulit tetep keliatan hidup walaupun dia mematikan sinar-sinar alami wajah yang berkilauan.


Begitu dipake, sesuai dengan namanya, walaupun cuma pake tipiiss banget di muka, langsung keliatan matte loh! Terus kalo dipegang juga aluusss banget. Pori-pori juga keliatan tersamarkan tapi kalo diliat dari jauh yah, dari deket mah sama baek, apalagi kalo di zoom kaya gini. 





Cuma ini waktu baru dipake banget. Kalo dibawahnya gak dipakein apapun, sejam udah mulai keliatan dewy di idung. Dua jam udah mulai keliatan dewy menuju berminyak di idung dan jidat. Memasuki area waktu tiga jam muka udah minyakan. Dan di jam ke-empat, cepet-cepet ngeblot deh sebelom muke lo dipake buat goreng kerak telor.



Kalo dipakein foundation, tergantung dari foundationnya juga.


kalo dipakein foundation matte dia ya bikin matte looking dan bikin muka tetep kerasa alus all day asal gak di gosok-gosok mulu itu muka. Kalo bedaknya ilang  kegosok ya ilang alusnya.


Tapi ada yang perlu dicatat dengan base fondi yang matte, pas awal pemakaian di daerah idung gue dia keliatan sedikit powdery karena kulit gue di bagian ini lagi dehidrasi jadi ngelotok-ngelotok gitu. Buat yang kulit kering ati-ati karena bedak ini clinging on your dry patches.





Soal oil controlnya di atas foundation matte bisa nahan minyak sampe sekitar 5 jam sebelom gue ngerasa perlu ngeblot. Yah kalo diitung mulai siap-siap jam 6/7 pagi, pas lah sekitaran jam makan siang buat touch up. Setelah di blot sekitar 2 jam gue melihat idung gue udah berminyak lagi, ya kalo mau aman sih pas abis di blot ya dipakein bedaknya lagi biar bisa tahan sampe pulang. Cuma yang paling ketara minyaknya sih di idung dan sekitarnya, itu udah pasti. Kedua jidat, tapi jidat juga gak keliatan minyakan parah gitu sih lebih ke arah dewy menuju oily, di antara itu. Nah yang paling gue suka itu bagian tulang pipi karena disitu minyaknya gak terlalu banyak kan, jadi waktu udah mulai minyak-minyaknya keluar gue ngerasa bedak ini membantu mendifuse minyak-minyak itu jadi keliatannya glowy. Sukaaa...


Kalo dipakein di atas foundation dewy, dia bisa ngeset foundationnya tanpa menghilangkan ke dewy-an dari foundation tersebut, jadi kulit kalo dipegang berasa aluus, tapi masi keliatan ada pantulan-pantulan cahayanya. Asal dipakein secukupnya aja pake powder brush.


Nah kalo bawahnya itu foundation yang dewy finish dia sama sekali gak keliatan powdery di idung gue. Mungkin karena basenya sendiri udah membantu membuat kulit gue jadi terlihat sehat dan gak mengeringkan (hence, the dewy finish).


Gue coba pake Bourjois Healthy Mix Foundation finishnya jadi velvety. Gue coba pake diatas Revlon New Complexion jadinya dewy. Pas baru dipake sampe antara 2 jam-an masi keliatan dewy dan healthy looking banget. Mungkin ini efek foundationnya juga, tapi yang gue seneng ya si Rimmel ini gak ngilangin ke-dewy-an dari base di bawahnya walaupun dia adalah bedak matte. Tapi udah memasuki jam ke-3 idung rasanya udah berminyak banget, jidat juga udah keliatan oily tapi masi standarlah belom sampe jadi kilang minyak. Akhirnya 3 jam-an gue ngeblot. Abis di blot kembali lagi kaya awal, kembali keliatan glowy ditambah foundationnya kan udah mateng di muka, jadi keliatan kaya second skin banget. Cuma eh cuma, sama kaya yang pake foundation matte, setelah ngeblot minyak di daerah idung udah langsung bandel lagi padahal baru setengah jam, jadi harus di tumpuk lagi. Tapi yang gue suka juga dari bedak ini, walaupun buat touch up tapi dia gak menggumpal dan gak powdery sama sekali, mungkin karena kecampur sama sisa-sisa minyak di muka gue. Natural sekali pokoke.


Oiya dia juga sangat membantu bikin foundation gue jadi transferproof loh. Yang paling parah dari semua foundation gue itu si Revlon New Compexion kalo soal transfer-transferan. Di templokin tisu doang nih, pasti pindah semua itu fondi ke tisu, tapi abis gue set pake rimmel jadi super tipis banget yang nempel ke tisu, padahal udah diteken agak kenceng tisunya. Kalo di gosok mah ya jangan, nenek-nenek tatoan juga tau kalo gitu mah ya pasti tranfer. Bukan transfer lagi itu namanya, keapus. Hahahaha.


Nah sekarang pendapat gue jadinya setengah-setengah gitu deh.

Yang bikin gue suka:
- soft, almost buttery texture.
- easy & simple packaging.
- bikin kulit terasa halus
- finishnya yang gak dead matte
- mendifuse minyak di muka jadi keliatan glowing
- sangat membantu membuat foundation jadi transferproof
- bisa menyesuaikan dengan finish dari foundation yang jadi base-nya
- transparan, gak ada warna jadi gak merubah warna foundation samsek
- bisa nahan minyak di atas matte finish fondi sampe 5 jam


Yang gak disuka:
- emboss tulisan di tutupnya gampang ilang. (penting soalnya buat poto. HAHAHA)
- walaupun keliatan oke banget buat ngeset dewy foundation tapi oil controlnya kurang.
- abis ngeblot masih kerasa alus dari bedaknya, tapi kemampuannya berkurang jadi harus ditumpuk lagi.



Udah. Sebenernya sukaa banget sama bedak inii.. Apalagi pas buat ngeset si Bourjois... Yang kurang cuma oil controlnya doaaannggg... Aaaaaa.... Sedih deh. All in all kasi 3.5/5 bintang aja deh buat bedak ini. 1,5 bintangnya lagi buat oil control yang kurang nampol.


Ada bedak rekomendasi buat ngeset fondi yang gak dead matte gak? Lagi suka sama velvety menuju dewy finish nih tapi yang oil controlnya juga oke. Kalo ada rekomen selain Marcks kaci tau yaaahh.. Hoho.. Adios~!


Comments

  1. dah pernah nyoba wardah yg lightening feel gak ? itu rasanya jg ringan tp klo dipake kbykn kyk topeng >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belom pernah, ne.. Tapi kalo soal minyaknya gimana tuh? Ampuh gak?

      Delete
  2. Belom pernah nyoba merk ini, nice review dear. Thanks for sharing :)

    ReplyDelete
  3. harganya berana van?? waktu itu beli dimana?? aku sih kalau ada job ngemsi pake foundi ekslusif wardah+compat powder eklusif wardah juga. aku sih cocok, tapi lagi pengen ganti bedak lain. dapet pencerahan abis baca review ini.
    anyway, udah perah nyoba pake ultima ii gak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu beli di olshop mana gitu di fb.. vervacious beauty kalo gak salah inget sih.. belinya sekitar 95rban.. fondi eksklusif wardah sama bedaknya finishnya gimana, fris? Oil controlnya oke? Pengen nyoba tapi belom memantapkan hati.. hahaha..

      Ultima pernah pake yg twc-nya gitu lupa tipe apa, gak cocok di gue dipake lumerrr.. apa karena dulu juga baru pertama kali pake mekap kali yah. Pas lagi makan tiap lap mulut tisunya isi bedak semua dan gak abis2! Hahaha

      Delete
    2. believe it or not vani... gue lagi cari review bedak ini, cek blog ini, dan baca komen2nya. dan baru sadar gue udah pernah baca bahkan nanya2. Oh tuhan. 2tahun berlalu dan gue baru sadar ini komen di bales. pardon me cantik...
      well, sampe skg itu wardah masih jadi andalan gue. hasilnya oke, baru ilang2 gtu setelah 5jam++ gue juga termasuk yg oily mukanya, apalagi kl panas mentrong, bhay deh. untuk di dalem ruangan wardah mah kece buat gue. anyway, time flies so fast... 2 th booook, gue baru sadar pernah kesini. XOXO

      Delete
  4. hey Vani, nice review!

    ini bedak holy grail aku ^^ udah pake pan yang kedua sekarang! Suka product ini soalny murce ama finishing nya matte (secara muka aku tank oil :D) tapi sayang emang gak tahan lama, paling cuma 4 jam kalo dimuka ku.
    waktu beli pan yang kedua, tutup plastik nya pecah wakti otw pengiriman, bete deh, terpaksa di tambal ama solatip :D ( Rimmel Team really need to fix the lid)

    anyway, enjoy reading ur blog ya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sayang banget nih padahal nonton-nonton di youtuber luar pada bilang oil controlnya nampol, tapi ternyata kurang yah jadi sedih.. huhuu.. Emang tuh tutupnya berasa gampang banget pecah..

      Thanks imel!

      Delete
    2. coba pake nyx deh, mukaku juga termasuk talang minyak, tapi agak lumayan juga tuh abis pake bedak stay matte but not flat nyx, gak terlalu kinclong amat

      Delete
  5. aku penasaran sama ini lho, kalo oil control sama marcks masi nampol mana? aku punya maxfactor creme puff powder itu baunya lebih naujubilah daripada marcks, mungkin baunya mirip rimmel sacara hidungnya bule sama, oil control juga jauh di bawah markcs bagiku :-3

    ReplyDelete
    Replies
    1. oil control masi lebih kece marcks kemana-mana deh, con.. Tapi ini justru baunya lebih soft gitu dibanding marcks. Itu bule-bule kalo ketemu marcks bisa pengsan kali ah. hahahahaaa

      Delete
  6. pake anti minyak shine killer nyx buat nahan minyak dimuka say.....

    ReplyDelete
  7. pake anti minyak shine killer sis.....bagus banget bisa nahan minyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. oiyaa bener jugaaa.. jadi bisa tetep pake ini dan minyaknya ke kontrol! Sumpah gak kepikiran! Hahaha. Thanks davidd!!!

      Delete
  8. Kak mau tanya dapetnya dimana ._./
    *newbie masalah ginian

    ReplyDelete
    Replies
    1. di instagram banyak koo, Mi. Bisa cek @preorderbymimo biasanya dia ada ready stock

      Delete
  9. Kak Vaniii, aku lagi kepengen juga beli bedak ini yang shadenya transparent, tapi kalo aku baca review orang, katanya warnanya ga 'transparent' juga alias masih agak-agak putih gitu hehe takut ga cocok soalnya kulitku gelap :<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dia masih ada agak putihnya sedikitt, coba beli yang ada warnanya ajaaa. Soalnya bedaknya bagus deh bener

      Delete
  10. Udah pernah pake maybeline super fresh sis?? Itu oil controlnya bagus n tahan lama jg.. Cba deh sis ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah kepengen sih, tapi masih nungguin diskon haha

      Delete
  11. Coba pake etude zero sebum kakk

    ReplyDelete
  12. Halo, mau tanya dulu beli bedak ini di mana ya? Makasih~^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bantu jawab yaaaa ..
      Rimmel staymatte powdernya bisa beli di www.twlcosmetics.com

      Delete
    2. Haii Gabrielaa! Kamu bisa beli ini di Instagram @beautes.id. Mereka juga juall:)

      Delete
  13. reviewnya lucu banget aku sukaa hehe sampai aku bookmark malah>.< makasih kak, penjelasannya lengkap bin mujarab banget <3 <3 kapan2 review bounce up pact 88 yah, pengen ngebandingin sama yg ini hehe keep gorgeous:*

    ReplyDelete
  14. aku pengen beli tapi masih bingung shadesnya yang apa kira kira buat cocok di kulit.

    ReplyDelete
  15. Udah coba coty airspun atau ngga rcma belum ka? Katanya itu bagus loh, lagi hype banget karena bagus buat ngebake juga:D

    ReplyDelete
  16. Belom pernah nyoba merk ini, nice review dear. Thanks for sharing :)

    ReplyDelete
  17. makasih kak atas review nya, jadi tau lebih dalam efek dari bedak ini

    ReplyDelete
  18. KAAKK kalo disuruh milih mending bourjois healthy balance powder atau rimmel stay matte pressed powder?? plis jawab i'm in agony T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belom pernah coba yg bourjois tapi pasti pilih rimmel karena lebih murah hahhha

      Delete
  19. kak mau nanya dong , kalo pake bedak ini tiap hari ada efeknya gak ? kayak jerawatan gitu ? atau ini bedak gak boleh di pake tiap hari untuk bedak sehari2

    ReplyDelete
  20. bedak marcks bisa buat oil control ya kak? baru tau haha

    ReplyDelete
  21. kira2 kalo pake foundationnya make over yg liquid matte bakal gimana ya ? lagi pesen rimmel ini yg shade transparent soalnya muka lumayan oily terutama hidung dan di sekitar pipi bawah kacamata

    ReplyDelete
  22. stay matte nya pilih yg 004 sanddstrom jgn yg transfaran klo kulitnya gelap... secara cm 100rb wortit lah y... klo nyx udah pasti bagus harga ga pernah boong... hehehhe

    ReplyDelete
  23. itu kan hasilmya transparan kak, tapi terasa banget gak sih pake bedak?

    ReplyDelete
  24. Rimmel di aku bagus bgt kok, wlupun wajah aku oily bgt, tp dy gk bkin kilap, yg pnting pake aja foundie yang untuk oily, pasti nampol bgt deh , q pake yg transparant, finishingnya emg halus

    ReplyDelete
  25. Aku pake perfect two way cakenya make over, jatuh cinta bgt. Tekstur powdernya lembut bgt tp nempel dan nyatu bgt ke kulit, plus ada spf nya dan kaya ngasih extra coverage gt. Kalo udah dikasi foundie dan anti shine base bs nempel dikulit aku yg lumayan berminyak sampe almost 6jam ++ sebelum touch up lg, itupun cm yg di area idung aja.

    ReplyDelete

Post a Comment

Thank you for reading my blog, lovelies~
Every single comment you give always makes me smile for the whole day!
Drop your thoughts here and tell me what you think! Tee hee~
Have a nice day! :D

Popular Posts