[REVIEW] Purbasari Matte Lipstick

Semenjak lipstick matte booming, banyak tiba-tiba terdengar kabar mengenai lipstick matte dalam negeri yang di rave punya harga murah dengan kualitas yang juara. Kaya contohnya Lipstick Matte Purbasari ini. Menurut salah satu manager di kantor gue yang dulu sempet kerja di Purbasari, produk lipstick matte dari brand ini udah lumayan lama loh ada di peredaran, tapi gak laku-laku. Pas gue kasih tau kalo banyak orang yang nyari dan bilang barang ini bagus, beliau malah bingung sendiri. Hahaha. 

Ya gue sih ngerti ya kenapa produk dalam negeri itu susah lakunya kalo di luar negeri produk yang serupa belom ngehits. Gue waktu dulu awam soal makeup juga pasti takutlah sama lipstick yang teksturnya kering, tahan lama banget di bibir, harganya murah pulak! Pake bahannya dari mana kalik?! Tapi coba sekarang, pendapat gue udah lain. Kalo ditanya soal produk ini pasti yang gue bilang malah, "Nih cobain! Teksturnya matte banget, tahan lama, murah lagi!". Semua hal yang dulu gue takutin malah jadi poin plus sekarang. 

Produk ini banyak disukain selain karena formulanya juga karena packagingnya yang dibilang kaya lipstick mahal. Ya kalo diliat dari warna sih boleh lah, hitam-emas. Warna klasik legendaris yang namanya kalo produk mahal binti eksklusif ya warnanya begitu. Tapi gue agak kurang setuju sama pendapat itu. Kalo di foto iya memang keliatan kaya punya merk mahal, tapi kalo dipegang berasa gitu plastiknya yang agak ringkih. Terus peletakan merknya itu juga agak ganggu deh menurut gue. Ganggunya mungkin lebih karena brand image-nya si Purbasari kali ya. Coba disono tulisannya "Bobbi Brown", gak bakal gue bilang ganggu. Bakal gue sayang-sayang itu tulisannya gak boleh ilang. 

Diliat dari batangnya aja udah keliatan yah betapa mattenya lipstick ini. Waktu dipake tuh rasanya mirip kaya ngolesin penghapus ke bibir. Kenapa gue tau rasanya kaya pengapus? Soalnya dulu waktu kecil pernah dikasih penghapus yang bentuknya percis kaya lipstick asli. Pertama kali diolesin ke bibir agak seret tapi begitu udah ada olesan ke 3/4 kali gitu udah licin kok gampang diolesnya. Warnanya juga opaque banget, tapi gak berat di bibir. Finishnya itu bener-bener dead matte, mirip kaya NYX Soft Matte Lip Cream. Dipake buat minum gak nempel sama sekali ke gelasnya, tapi buat makan kalo barbar ya dia ikut ketelen. Paling yang ilang di tengah dan luarnya masih ada. Jurus gue abis makan mulutnya dimingkem-mingkemin lagi biar warnanya agak rataan. Kalo mau dipake buat ombre lips gitu juga cantik loh! Pake di tengah bibir dikit-dikit gitu terus dimingkem-mingkemin deh bibirnya sampe warnanya nyebar-nyebar.


-Warnanya swatch-nya yang  paling sesuai dengan aslinya itu yang swatch di tangan. Yang di bibir susah nyamainnya.-

82 - Warna ungu gelap yang masih wearable. Bisa jadi alternatif vampy lips sehari-hari karena ungunya gak terlalu gelap juga jadinya di bibir.

85 - Pink lumayan shocking yang masih termasuk dalam warna kedemenan gue. Warnanya lebih ke neutral undertone jadi nyatu ke warna kulit gue dengan baik.

88 - Dari semua warna yang gue beli kaya ini warna yang paling gak gue demenin. Warnanya terlalu orange dan coklat jadi pas gue pake kesannya keliatan tua. Tapi kalo dicampur sama No. 82 jadi merah bata gitu bagus.

89 - Warna yang paling netral dibanding warna lain. Gue banyak baca di blog orang pada sukanya nomor 81 sama 90, tapi kalo gue mah gak suka warna macem gitu. Jadinya terlalu warna bibir, gak keliatan.. Soalnya kalo bikin smokey eyes aja sukanya dipasangin sama lipstick gonjreng. Haha

Ketahanannya bisa dibilang bervariasi sesuai warnanya. Semakin terang makin cepet pudar, semakin gelap ya semakin lama juga. Kalo bilang rata-ratanya ya bisa 6-8 jam gitu deh. Selain warna 89 warna lain ninggalin stain di bibir, yang paling cantik dan tahan itu stainnya no. 82. Warna aslinya keunguan, kadang kalo lagi gak pengen pake warna gelap gue apus aja, nanti nyisa stainnya warna pink terang yang cantik banget. Kalo di bibir gue sih ini gak bikin kering ya karena makenya juga ga tiap hari, banyakan lupanya. Tapi kalo lagi mau pergi-pergi pasti lipstick ini yang pertama gue ambil.

Favorit gue udah pasti yang No. 82 sama 85. No. 89 masih okelah buat harian, No. 88 udah yang paling gak gue lirik deh, kecuali kalo lagi mau dicampur sama No. 82. 

Buat gue sebagai tukang belanja ogah ribet, produk ini lumayan susah di dapet soalnya banyakan tersebar di toko kosmetik yang ada di pasar tradisional gitu. Eh tapi sekarang ada deh dia di swalayannya AEON Mall, BSD. Lumayan lengkap juga produk Purbasari disana. Kalo gue beli ini online di Jopankar Kosmetik. Udah paling juara deh Jopankar ini, memudahkan banget kalo pengen merk-merk lokal yang susah didapetin di mall gitu.

Pas gue beli harganya Rp 28.000,- tapi banyak juga baca orang pada beli cuma Rp 25.000,-an gitu. Ya tergantung tempatlah ya.



***


Comments

  1. lagi cari warna merah yang-bukan-cabe kayanya yang no.85 okeh nih :)) btw foto sama editnya biasanya pake apa sih kak kok terang dan bening banget?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang 85 lebih ke pink gitu sih nis..tapi emang tsakeup dipakenyahh hehe

      Cuma edit brightness sama contrast aja. Kalo warnanya agak off pake auto color di photosop

      Delete
  2. 82 cakep ya kalau di swatch di tangan!
    Tapi di bibir agak merah ya warnanya 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Warnanya lebih ke arah yg di tangan memang. Yg di bibir agak beda warna foto sama aslinya

      Delete
  3. I'm eyeing 82, 83, and 89 <3
    Tapi barusan ngecek ke Jopankar, sold out katanya.. T_T
    after Lebaran baru akuisisi ini benda deh..
    Btw, 82 looks the best on you!! Smexy :*

    Lenny C | chenglenny.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah sayang sekali.. untung pas gue beli masih ada semua yg gue pengenin hahaha
      aw thank youu, Lenny! :*

      Delete
  4. Aku naksir 85 sama 89 mbak, waktu itu juga liat di Aeon Mall, pengen beli tapi karna nggak ada sampel jadi takut salah pilih warna kalo liat dari box nya doang. Mau di buka tapi males baru lirik2 aja BA yang disana udah pada ngeliatin gitu. Kan jadi malu :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya di Aeon ga ada testernya, nomornya juga kurang lengkap.Cuss ambil yang 85 sama 89, dijamin gak nyesel! :D

      Delete
  5. vaniii racun banget sih.huhu jadi pengen belik warnanya bagus - bagus

    ReplyDelete
  6. Aku nyari yang coklat2 gitu Van, swatch yang sebagus punyamu sepertinya takada -_-" Lagi suka warna2 tanah hahaha

    Deuh, gimana nih yaa, aku barusan beli lipen banyak nih bbrp bulan ini. Mana barusan dtg pula Jordana #dilema dududududu~~~

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayanya antara 81 ato 90 coklat-coklat nude gitu deh nin. Kemaren di Jopankar liat ada yang coklat agak tua juga tapi lupa nomer berapa.

      Kalo beli lippen gak dosa kooo. Apalagi murah beuuuh kaga usah mikir ini mahhhh haha

      Delete
    2. Orait, nanti kalo pas ke pasar aku ceki-ceki warna itu deh. Untung pasar jauh dari rumah, kalo deket udah cuss dari kemarin2 keknya nih eke -_-"

      Delete
  7. vani, semua warnanya cakep banget, di elo cocok semua, gw sampe bingung kalo disuruh milih warna yang paling bagus!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah imel bisa ajyah :3
      Tapi gue kurang suka yang 88 mel, terlalu orenss

      Delete
  8. naksir 89!! :D btw rambut baru ya ce Vani??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tsakep yah warnanya kalo buat hariaann.. :D
      Iya nih dah mayan lama motongnya, tapi jarang nampang di blog sendiri haha

      Delete
  9. Amaze gitu sama harganya wekekek. Main ke Aeon kayaknya berat di ongkoa jadinya klo cuman beli lipstiknya :D

    Tapi mattenya cakeeppp ^^b
    mau banget yang 82

    ReplyDelete
    Replies
    1. Murah banget kaannn!!! Kalo udah nyampe aeon mah sekalian aja beli sushinya yang ngantri kaya dufan itu. Hahaha

      Yap, matte bangett. Bener-bener gak ada shinenya sama sekali. Akh, tos sesama pecinta 82! XD

      Delete
  10. Replies
    1. Akh makacii popoonn :*
      Warnanya bagus deh bikin keliatan makin putiihh haha

      Delete
  11. Iya.. Rupanya produk lokal juga banyak yg bisa ditanding.. Selain purbasari ini mirabella matte lipstick juga layak dicoba.. Ak udah koleksi lumayan banyam mirabella ini dan puas juga...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih udah mulai-mulai ngincer si Mirabella. Pernah nyoba di kantor punya temen keriing banget ya formulanya. Tapi emang cantik-cantik sih warnanyaa hehe

      Delete
  12. naksir yg matte 89 wkwkwkwkwk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yep, kayanya itu udah yang paling netral deh di antara pilihan warna lainnya, jadi banyak yang demen :D

      Delete
  13. kak lipsticknya underrated banget yaa ternyata bagus haha kalo ga baca reviewnya Kak Vani gabakal taudeh aku hehe thanks for the review! :D

    bananaydanay.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ni produk agak susah dicari sih jadi gak gitu booming. Cobain deh, bagus!

      Delete
  14. sekarang harganya naik mba vaaaann... idul adha kmrn aku cek harganya 28rb ato 32rb gtu yah di Sby, pdhl biasanya toserba itu di Sby jd favorit krn murahnya. Tapi krn dsna mahal ga jd ambil deh mo hunting lagi ahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. 28 udah standar kali yah sekarang tuh. Mungkin dia udah naikin harganya gara-gara laku hahaha

      Delete
  15. Hai edelweis,

    Mungkin kalo mau jadi reseller tanya ke kantor pusatnya langsung aja kali ya supaya dapet harga pabrik. Ini dapet dari websitenya, semoga membantu :)

    Address Jl. Ciputat Raya 2 C, Kebayoran Lama Jakarta 12240
    Telephone Number +62 21 723 8641

    ReplyDelete
  16. Kalo untuk bahannya udah pasti aman ya kak? Soalnya sempet ragu sama harganya yg bisa dibilang murah bgt hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau aku sih aman, untuk harga gak bisa dibilang murah banget karena untuk kelasnya dia ada di harga segitu udah termasuk harga wajar. Cuma pas aja creator formulanya pas ngeraciknya hehe

      Delete
  17. hi...

    aku tertarik banget sama lipstick ini, bukan karena harganya. hanya saja aku suka banget kalau ada produk dalam negri dengan kualitas bagus. Tapi aku baca kalau lipstick ini mengandung merkuri. apakah pernah dengar? aku tau dari salah satu blogger juga.
    dia posting dengan cara oles lipstick ini di tangan dan gosok pake cincin emas. Ga sampe beberapa detik warnanya berubah jadi hitam...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emm.. kalau itu aku serahkan ke pribadi masing2. Aku sendiri udah percaya ke brandnya jadi gak pernah aku gubris urusan begituannya hahaha

      Delete
    2. uji merkuri dgn cara seperti itu HOAX. kandungan merkuri dalam sampel apapun (termasuk kosmetik) hanya bisa dideteksi dengan pemeriksaan lab dengan alat mercury analyzer.

      Delete
  18. hihi lipstick yang satu ini lagi nge-hits banget yaaa..
    aku punya jg yg no 90 =D
    liet fotomu jadi naksir yang no 89 jugaa

    uniquebloggonnabe.blogspot.com

    ReplyDelete
  19. aku naksir warna 82 bagus banget.. warna burgundy! ^^
    tapi di swatch di tangan warnanya cantik,cuman dipake di bibir malah jadi merah ya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Warna benernya yang di tangan kok, Kar. Itu yg di bibir karena setting white balancenya aja gak bisa true to IRL hehe

      Delete
  20. Duh Kak, jadi naksir nih sama yang 82. Btw, it looks good on you hehe. Oh iya kak, punya rekomendasi buat yang kulit nya sawo matang, lebih cocok pakai purbasari nya yang no berapa ya? Terimakasih sebelum nya Kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasii mentariii 😋
      Kalo mau yg nude2 gitu 81 ato 90 bagus, temenku ada yg pake buat merah 86 cetar bagus banget. Gak keliatan lebay malah jadi cerah semuanya

      Delete
  21. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ismiiii.. bacanya yg lengkap pliiissss... di atas udah ketulis:

      "Warnanya swatch-nya yang paling sesuai dengan aslinya itu yang swatch di tangan. Yang di bibir susah nyamainnya."

      Jadi silahkan liat sesuai petunjuk ya. Kalo masih gak ngerti silahkan nanya lagi

      Delete
  22. siang ka.. blh tau utk cari harga pabrik dimana yaa?? tq



    ReplyDelete
  23. Kl mau pemesana ke mn yah?? Blh ksh tau info nda?

    ReplyDelete
  24. Gosh, 82 looks REALLY good on you!!

    ReplyDelete
  25. aku cari produk ini susah bangeet beli dimana ya? infonya donk pliiisss...

    ReplyDelete
  26. paling banyak memang di toko sama pasar tradisional,,,,no 90 juga saya sukaaa

    ReplyDelete
  27. Kak kalo mau belinya lewat online dimana ya yang murmer? Atau toko yang kakak sebut tadi terima beli online gak kak? Soalnya kebanyakan sekarang udah pada jualin harganya 35-45 gitu. Please info kakk makasih

    ReplyDelete
  28. coba cek di instagram namanya @brands.id deh

    ReplyDelete
  29. Warna nya pop bgt kayaknya cocok klo di pake ^^
    Watch movie HD

    ReplyDelete
  30. Sis ada kontak buat persen ke jopankar kosmetik ngga

    ReplyDelete
  31. Wuih padahal yg 88 cocok di kulit kamu lho. yg 88 tuh mirip sama Airy Red-nya 3CE atau Lady Danger-nya Mac ya?

    ReplyDelete
  32. no 82 cocok buat kamu sis.. ooo yaa sis kalau ingin tau cara membuat web yukk disini aja.. terimakasih

    ReplyDelete
  33. kalau ada yang minat aku ada stock untuk no 82,84 dan 90 harga Rp.31.500 bisa wa 082132984308

    ReplyDelete
  34. di embak mah semua tampak bagus sepertinya hihi

    ReplyDelete
  35. Bagus banget kayaknya lipstick ini, tapi nyari warna yg no 89 susah banget padahal naksir sama warna itu , huhuhu


    Best Regards, KARTIKARYANI

    ReplyDelete
  36. Semua warna lipstiknya keren di kamu lho.baru tau nih purbasari ada keluarin liptik..ntar nyari ah

    ReplyDelete
  37. Hi Mbak. Thank you review-nya. Mau minta ijin yaa fotonya mau aku posting di account jualanku : estilo.project
    Thank you Mbam Vani..

    ReplyDelete
  38. serius 28 ribu ka ? beli dimana kalo langsung tempatnya ka ? soalnya aku beli di online 35 ribu, kalo beli langsung lagian bingung beli dimana

    ReplyDelete
  39. barangkali ada yang minat, sya jual purbasari matte silahkan cek IG alhijab_stuff harga 35rb pengiriman dari bandung :)

    ReplyDelete
  40. Hai kak vani.. Mau nanya nih, kaka pake lipstik purbasari, apakah bibirnya jadi kering kerontang pas dipake?? Kaya ngelupas2 gitu?? Aku kok ngelupas ya meletek2 gitum. Trus Aku juga salah nomor nih :'( rekomendasi dong buat aku yang wajahnya kuning langsat bagusnya no berapaa :) oh iya bibir aku agak kehitaman di pinggir2nyaa makasih kak vani :)

    ReplyDelete
  41. Hai kak vani,..aku juga punya purbasari 89 dan 83, setuju yg 83 warnanya bagus dan malah aku lebih suka yg 83 dibandingkan no 89..Sayangnya lipstiknya ringkih banget, kalau make mesti super duper hati-hati! :(

    ReplyDelete
  42. Kalo mau nyari lipstick ini dimana sih ? susah banget nemuinnya perasaan -_-

    ReplyDelete

Post a Comment

Thank you for reading my blog, lovelies~
Every single comment you give always makes me smile for the whole day!
Drop your thoughts here and tell me what you think! Tee hee~
Have a nice day! :D

Popular Posts