Being A Cosmetic Product Developer Q&A


Seneng banget di post gue dengan judul What It Takes To Be A Cosmetic Product Developer bisa ngasih masukan dan gambaran ke temen-temen yang juga punya keinginan untuk kerja di bidang ini. Di post itu ada yang memberikan pertanyaan lagi mengenai pekerjaannya itu sendiri. Karena gue baru pernah kerja di satu tempat ini, gue cerita pengalaman gue ya. Terus gue gak punya foto yang nyambung jadi gue masukin foto-foto waktu gue iseng lagi keliling-keliling sekitaran pabrik.




Q: Penasaran banget nih kak, sebetulnya yang banyak jadi prodev itu dari jurusan apa ya? Emang bener ga menutup kemungkinan orang dari basic apapun kuliahnya bisa jadi prodev. Tapi aku penasaran banget kak, apa tek. industri atau tek. kimia?

A: Lebih ke teknik kimia sih kayanya, soalnya yang banyak disebut adalah yang punya background farmasi. Karena kaitannya lebih ke formula. Tapi kalo sebagai prodev di tempat gue sih kita gak ngaduk formulanya. Prodev lebih ke buat konsep, analisa perbandingan kompetitor, analisa pasar, analisa tren, terus setelah dapet hasilnya dibuat kesimpulan produk kaya apa yang mau dibuat. Setelah itu kita serahkan ke tim Research & Development untuk pembuatan formula sesuai konsepnya. Nanti formula itu akan kita revisi lagi sampai sesuai dengan hasil yang diinginkan.




Q: Apa Kak Vani juga sampai belajar ke proses pembuatannya, sistem kerjanya, proses tiap tahap dll??

A: Proses pembuatan dan ngaduknya gitu engga. Paling yang gue perlu tau adalah garis besar sistem dan proses kerja per bagian. Karena Prodev itu kaya semacam EO yang projectnya adalah meluncurkan produk baru. Jadi kita harus tau hal apa aja yang dibutuhin per bagian untuk kita penuhi kebutuhannya sampai produk yang kita buat jadi Finish Good (barang jadi siap jual). Jadi misalnya soal pembuatan formula di R&D, yang Prodev perlu tau adalah berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk bikin satu formula, setelah formula di approve langkah apalagi yang dibutuhkan sampai formula terpilih ini aman sampai di pasaran dan selama pemakaian. Sama juga kalo container dan packaging pendukung lainnya. Yang kita perlu tau, berapa lama supplier bisa nyetakin barang kita, ternyata percetakan besar itu butuh bikin plat, butuh ini, butuh itu, baru bisa nyetak, terus packing + pengiriman juga berapa lama lagi waktunya. Terus pas mau produksi, ternyata harus dibikin jadwalnya dulu, terus nimbang bahan baku, nyiapin mesin, proses produksi, semua kaitannya lebih ke waktu. Kita mesti tau step by step yang dibutuhkan, tapi gak sampai teknis detailnya. Karena Prodev itu setelah konsep produk kelar, sisanya bermain dengan waktu. Gimana caranya semua hal jalan dengan mulus sesuai dengan jadwal yang sudah di buat terlebih dahulu.



Q: Persyaratan kerja di tempat Kak Vani apa aja?

A: Setau gue ya, ini juga belom tentu bener, haha. Minimal pendidikan S1, lebih diutamakan latar belakang farmasi. Menyukai dunia per-makeup-an dan melek tren. Perhatian dengan detail soalnya di Prodev banyak hal kecil sekecil typo di tulisan redaksional yang bisa berujung panjang. Jujur untuk hal detail mengenai penilaian formula gue banyak belajar dari baca-baca Female Daily Beauty Review dan forumnya. Anak-anak FD pada detail-detail banget kalo nilai suatu produk. Kritis dan rata-rata penilaiannya itu jelas. Jadi gak cuma ngomong "bagus" atau "jelek" tapi dijelasin secara keseluruhannya. Terus semangat kerja tinggi dan rajin. Oiya sama kalo punya feel design yang bagus juga membantu banget tuh. Selain pendidikan, syarat ini lebih ke yang bener-bener dibutuhin sih. Kalo syarat ala HRD kan lebih ke teknis, syarat yang ini lebih ke personalnya, Karena balik lagi kepribadian kalo disini, usernya suka liat lebih ke personality.



Q: Kalau misalnya Kak Vani gak kerja seperti sekarang, kira-kira Kak Vani bakal kerja yang kerjaannya sesuai background atau gimana :D ?

A: Kalau gak kerja kaya sekarang mungkin gue bakal jadi admin dimana gitu karena CV gue sepertinya kurang menarik bagi para perusahaan. Hahaha. Tapi dalem hati gue sih maunya jadi makeup artist atau jadi jurnalis kecantikan gitu, atau mungkin ngisi kolom di majalah gitu soal beauty. Haha. Pokonya gak bisa lepas dari makeup deh, soalnya gue merasa makeup itu mempunyai peran penting dalam gue merasa jadi the best version of my self dan jadi orang yang lebih baik.




Udah segitu aja pertanyaan yang ada di kolom komen post sebelumnya. Kalau ada yang mau ditanyain lagi boleh banget komen di bawah sini.

Comments

  1. soalnya gue merasa makeup itu mempunyai peran penting dalam gue merasa jadi the best version of my self dan jadi orang yang lebih baik *soooo trueeeeee ... have the same thought about that van :D *toosss

    ReplyDelete
  2. Kak vani selamat banget kak, selamat makin buat aku si mahasiswa tingkat akhir yang lagi banyak ngulang kuliah pengen cepet lulus. Buat pemikiranku kebuka dengan post kak Vani ini. Disaat alumni dan temen-temenku rame-rame pengen kerja di PT Brand Makeup Halal, eehhh jadinya sekarang standar teknis pendaftarannya yang makin ketat makin naik (read: IPK). Akhirnya aku cari tau perusahaan produksi makeup di Indonesia apa aja, aku bener-bener pelototin deh eyeshadow, blush on, bedak, eyeliner nya dari mana terus kepo tapi terhenti gara-gara minim info. Kak, dalam waktu dekat ini lagi ada project besar ga yang di handle, sama mau nanya tapi teknis banget sih. Syarat IPK buat daftar berapa ? *bisik-bisik malu nanya*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha.. Iyaa, banyak kok pabrik kosmetik yang ada di Indonesia, tapi keberadaannya emang gak sekedengeran merk-merk yang lagi hits. Gak ada minimal IPKnya sih disini. Coba daftar dulu ajaa, siapa tau bisa di terima hihi

      Delete
  3. Kereeeennn :')
    Semoga post ini berlanjut terus ya. Belum bisa nyumbang pertanyaan nih, Kak. Tapi nanti kalau ada pertanyaan aku komeng lagi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga gak ngebosenin post kaya gini. Hahahha

      Delete
    2. Enggak bosen! Aku suka banget malah bacanya. Seneng aja gitu liat orang yang bener2 menikmati perkerjaannya :'). Terus aku juga lagi butuh tahu banyak tentang ini. Jadi post ini membantu banget ^^

      Delete
  4. Aku juga pengen banget kerja di perusahaan make up make up gitu, Kak, soalnya kan kalo kita enjoy dengan kerjaan kita, pasti happy juga ngelakuinnya. Tapi apa daya jurusanku bukan farmasi, teknik kimia, dan aku nggak melek desain huhu.

    Kerjaannya keren ya ada analisa tren, ada analisa perbandingan kompetitor :")

    ReplyDelete
    Replies
    1. Namanya rejeki ga ada yang tau loh nisaa.. Siapa tau ternyata rejeki kamu disini juga :D

      Delete
  5. Kak vaniii..mau protes sedikit ya :3 soalnya bingung mau komen ini dimana. Kenapa pensil alis fanbo ngilang ya Di Jogja? Hiksss stoknya abis dimana-mana dan mbak2 SPG nya bilang Udah lama ga restock :'( Aku Udah Cek ke 5 toko dan kosong semuaaa hiks. Apakah sedang diformulasi ulang? Thank youu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haaii ysani, iya gapapa. Soory banget itu kemaren di internalnya lagi ada peralihan dokumen-dokumen gitu jadinya pengiriman barang import jadi ketunda semua. Pensil alis Fanbo bikinnya kan soalnya di Taiwan (satu pabrik sama pensil alis shiseido *pamer* :p) jadi karena suratnya bermasalah jadi ribet urusan bea cukainyahuhuhu.

      Tapi bulan ini udah dateng lagi kok semuanya, ditunggu aja di toko langganan kamu yaa! :D

      Delete
  6. Wah,ternyata buatnya di LN to,hihihi aku baru tahu :3

    ReplyDelete
  7. Waaa...kerjaannya seru :D
    Jadi tahu banyak kerjaan lain diluar kerjaan yang udah banyak dikenal, terutama di bidang industri *tos sesama anak pabrik*
    Bagus buat para anak muda yang bingung lulus kuliah mau jadi apa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hah padma anak pabrik jugaa? bidang apaa? Hahaha kaya jarang nemu sesama anak pabrik.

      Delete
  8. kak vanii...........ini kerjaan idaman banget <3 sakseis terus ya kakkk semoga fanbo semakin hits dan berjaya di ranah permakeupan indonesia~ aku juga lagi cari-cari kerjaan di beauty industry nih, doakan jodoh yaa hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naaadddd amin amin amiinn.. Hayo semangat! Kamu pasti bisa!

      Delete
  9. saya sukee...saya sukee...*ala upin ipin* posting cerita kegiatan di dunia kecantikan gini terus seruuuu~ engga nyangka fanbo sepabrik buat pensil alisnya ama sisheido pantes hasilnya bagus dgn harga terjangkau ^O^

    www.leeviahan.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa bikinnya satu pabriikk. Kualitas bisa dirasakan sendiri lah memuaskan dengan harga supper murah! Hahaha. Doain aja Fanbo bisa terus bikin barang high quality dengan harga cuco!

      Delete
  10. Aku waktu itu mau ngelamar jadi analis di sana loh kak tapi karena kejauhan ga jadiii ><

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah kenapaa? Butuh banyak nih analis buat aduk-aduk, anak prodev banyak maunya hahaha.

      Delete
  11. Vannnn aku br tau km krja bidang ini, keren bgt ! 😍😍😍

    Stuju soal makeup bring the best version of mysef, I feel the same way too :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kyaa rini bisa ajaahhh XD

      Iyaa bangeett lebih hepi aja gitu kalo udah makeupan jadi lebih baik

      Delete
  12. Waaahh asik banget ya kaak. Oh iya fanbo ada rencana buat produk Cushion ato Liptint gak kak..? yahh biar yg suka produk2 kosmetik korea mulai melirik produk dalam negri.#ehemsindirdirisendiri. Sebenarnya tiap ke toko kosmetik selalu di tawari produk fanbo, tapi karena packing gonjreng banget kaya mak-mak terus mbak BA juga dandannya menor banget kami sebagai mahasiswa yg suka tampil natural jadi mundur teratur gak jadi beli deh. wkwkwk XD

    ReplyDelete
  13. Waaah makin makin makin mau kerja dibegituan uhuhuhu lagi rajin nyari industri kosmetik di indo yang buka lowongan hahahha kalo ada lowongan bisikin dong hahah

    Semangat Vani 😄😊😊😊

    ReplyDelete
  14. Hahahaha I ended up reading this blogpost :P Kepo maksimal gue sampe nge-stalk lo di bulan April *jadi maloe*

    Believe it or not, your blog could be your portfolio loh, once my interviewer told me about it (Btw, she's the direct owner of a cosmetic distributor). That's when I finally realized the power of BLOGGING in a job interview, especially if the field is relatable..

    Your blog has an impact on some of my impulsive purchases, the way you write the review, not to mention the gorgeous pictures make it difficult not to get 'keracunan'.
    FYI. Sampe sekarang belom kesampean beli Rollover Reaction yg Saddie karena selalu sold out huhu..

    Meskipun masih mengira2 apa yg pengen lo achieve, jangan lupa untuk include blog lo ini yaaaa di CV lo nanti ;D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banget, gue juga gak nyangka kalo blog yg kita bikin ini bisa masuk jadi bahan pertimbangan juga waktu nyari kerja. Gue dapet disini juga gara2 blog juga. Cuma bahasa gue kan nyablak2an gini ya, agak takut ga enak dibaca sama orang recruitmentnya, tapi malah keterima gara2 sering review barang! hahaha

      Kadang gue suka berpikir, berapa banyak orang yg udah keracunan dan beli barang yg gue pernah review disini, ternyata lu juga salah satunya haha kata nyokap gue secara ga langsung kita ngeblog itu ya udah kaya marketing tapi soft selling, makanya orang2 masukin itu jadi nilai plus.

      Delete

Post a Comment

Thank you for reading my blog, lovelies~
Every single comment you give always makes me smile for the whole day!
Drop your thoughts here and tell me what you think! Tee hee~
Have a nice day! :D

Popular Posts