My 29th Birthday on November Last Year



Gue yakin semua orang pasti ngerasain pergolakan yang luar biasa dalam hidupnya di tahun kemarin. Semua hal yang kita anggap normal dari lahir sampai awal tahun 2020, harus berubah dalam sekejap mata menjadi the new normal yang kita tahu sekarang. Proses adaptasi dan transisi itu pasti ada yang gak enak, tapi begitu kita bisa lewatin jadi banyak hal baru yang sebelumnya kita anggap susah atau gak bisa jadi biasa dan ternyata lebih efektif. Contoh yang paling dirasain banyak orang pasti soal WFH alias Work From Home yang sekarang adi kata lazim dan normal untuk didengar. Suatu konsep yang dulunya kaya gak mungkin, tapi ternyata malah works wonders di kota besar macem Jakarta yang jam untuk commutenya aja pulang pergi bisa 3-6 jam sendiri. I guess it'll do better for the Jakartans mental health & well being.

Anyway, tentu gue juga mengalami hal yang sama, sebulan pertama masih happy berasa liburan, bangun siang tidur subuh. Masuk bulan kedua mulai mikir ini gimana. Bulan ketiga udah depresi sampe pas ada liat dimana orang bilang cara kita melihat hidup tuh bisa dilihat dengan cara merem dan bayangin hutan. Apa yang kita lihat tuh ada artinya, entah itu pohon, tanah, langit, cahaya, nah gue sampe bener-bener gak bisa bayangin apa-apa saat itu, cuma gelap. Sampe ada waktunya gue mikir percuma hidup, buat apa, ngecewain orang tua doang gak bisa ngapa-ngapain, ngerasa gak guna lah pokoknya hidup gue. Tapi beruntungnya punya pacar yang super positif, dia ngingetin gue untuk bersyukur dan bersabar.

Mulai awal new normal kerjaan juga pelan-pelan balik lagi, udah mulai ada secercah harapan. Orang-orang mulai berani untuk bikin acara yang membutuhkan jasa gue, gue ngerasa diperlukan lagi, gue bangkit lagi. Mulai September kerjaan itu full banget sampe mau tidur aja susah, berlanjut terus sampe sekarang di bulan Februari ini ada kesempatan waktu kosong yang lumayan panjang sehingga gue bisa mengumpulkan pikiran dan perasaan yang kemarin terlewatkan begitu saja karena sesimpel gak ada waktu untuk mikirin dan ngerasain.

Di bulan November Puji Tuhan jadwal juga penuh sampe pas hari ulang tahun gue sorenya udah mesti berangkat ke Bandung buat makeup prewed besok subuhnya. Ulang tahun ke-29 di tengah pandemi dan kondisi yang kita alami di tahun 2020 kemarin bikin gue gak expect banyak, bahkan gak minat untuk minta kado ke pacar karena mikir lebih baik duitnya disimpen aja dibanding beli-beli kado gitu.


Paginya Juli dateng bawain kue dari dia dan koko cici, foto-foto sama kue sebentar terus jalan ke Toscana di Kemang karena dulu Juli pernah makan dan enak. Kita juga memang lagi suka makanan Italia karena langganan di Sale, BSD yang makanannya enak-enak banget. Ternyata Toscana sekarang makanannya udah gak enak dan kurang worth it untuk harga dengan kualitasnya. I still enjoy the occasion, tho. Gue bersyukur banget bisa ketemu pacar yang sayaaang banget sama gue and there's no doubt about it. Rasa bahagianya sesimpel itu ulang tahun gue, tapi dia yang traktir makan. See how bad I was treated for simple things like this blew my mind away. Gue bersyukur masih banyak orang-orang yang percaya sama gue untuk dimakeupin, yang buat gue itu sesuatu banget. Gue bersyukur selalu dikasih kejutan sama Tuhan dalam hidup yang gue gak pernah bahkan berani untuk bayangin. Gue bersyukur punya keluarga dan teman-teman yang selalu support gue dengan caranya masing-masing.

Dulu ada stylist di Femina, Kak Arni namanya, dia bilang umur 28 itu shit banget, semua hal gak enak yang lu bayangin bakal kejadian, tapi di umur 29, life is wonderful. All the good things will happen in your life, katanya. Gue dengerin aja, gak mau berharap ye kan, but it turns out that it's true. Sebenernya lebih ke di umur 29 tuh hati dan otak jadi lebih bisa look at things the way it should be and be grateful for it, instead of before where I always see things the way I wanted it and for always trying to change the unchangeable.

So far, 29 is very good to me. Just hoping (and hustling) for it to just get even better. 

Comments

Popular Posts