[WALK THROUGH] Ikutan PO Beauty di Female Daily

WARNING:
THIS POST CONTAINS WAYS TO REACH MAXIMUM LEVEL OF IMPULSE BUY. THESE STEPS MAY CAUSE INCREASING HEART RATE AND BLOOD PRESSURE, SWEATY PALMS AND ANXIETY CAUSED BY EXCITEMENT OF FINALLY FIND THE PERFECT PLACE TO SHOP.


Hi guys! Melihat antusiasme yang besar (2 komen dan 1 email :D) dari post gue terakhir mengenai cara ikutan PO di Female Daily, gue memutuskan untuk membuat posnya dan membantu rekan-rekan sekalian untuk berbelanja lebih hemat dan cerdas untuk masa depan yang lebih cerah.

Ada 3 alasan utama kenapa gue suka untuk ikutan PO di Female Daily yang juga suka disingkat jadi FD. Alasannya sebagai berikut:

  • Trusted Seller
Sebagai tukang belanja online udah berapa kali gue ketipu sama penjual yang tidak bisa dipercaya. Bilangnya barangnya berkualitas bagus, tapi masa beli kuas yang katanya alus pas dateng kaya sapu ijuk. Kadang juga beli sepatu mintanya model korea unyu-unyu yang dateng barang distroan bandung yang ukurannya pun aku tak masuk. KZL. Kalo di FD moderatornya udah bikin peraturan sendiri yang bisa diliat di Forum sana, peraturannya terbuka buat semua orang liat jadi fair-fairan. Ada juga peraturannya kalo barang yang dijual disana harus 100% ORIGINAL. No KW, kalo KW ato pelsong double money back guarantee yang harus ditanggung oleh seller. Dan selama ini modsnya juga tegas banget buat menjalankan peraturannya, sellernya juga semua nurut dan baik, jadi tenang deh sebagai pembeli. ^^

  • Best Deal! 
Seller yang terpercaya aja gak cukup. Gue juga udah nemu banyak seller di instagram/facebook yang jual barang dengan harga lebih murah dibanding toko lain dan barangnya selalu dijamin asli. Tapiii.. kalo di web aslinya lagi diskon jor-joran, harga yang dijual ke kita tetep aja harga normal, sedangkan kalo di FD harga fluktuatif mengikuti diskon web aslinya dan kurs rupiah. Kemaren itu gue beli Lipstick Wet n Wild Megalast Lip Color cuma 35 rebu, liquid blush on e.l.f yang dupenya MUFE cuma 38 rebu. Bayangin coba, BAYANGIN! Kalo di olshop biasa mah pasti minimal 60 rebu itu mah, gimana gak kalap??

  •  Gak Repot
Banyak orang yang juga suka beli barang langsung ke webnya sana, mungkin jatohnya lebih murah juga, tapi kadang harus pake nomor kartu kredit atau harus bikin akun PayPal yang mana gue gak punya dan males ngurusinnya. Belom lagi kalo paket ilang di perjalanan atau ditahan sama bea cukai. Karena gue orangnya males banget buat berurusan dengan banyak bagian, ikutan PO disini itu memudahkan gue banget karena kalo barang ilang di perjalanan dari luar negri ke sini, menjadi tanggung jawab seller. Kalo ada hambatan dan masalah lain juga sellernya sangat bertanggung jawab buat ngurusin. No repot!





Nah, sekarang mari gue jelaskan step by step yang perlu diperhatikan waktu mau beli barang di FD.


1. CEK PROMO DI HEADLINE SETIAP SELLER 


Seller di FD barang dagangannya suka beda-beda tapi juga banyak yang sama sumbernya. Ada yang US, UK, Japan, Malaysia, Singapura, ada juga yang jualan koleksi pribadi, banyak deh, main-main aja kenalan dulu sama suasananya. Karena pas awal juga gue mabora ngeliatin semua tulisan puciingggg. Tapi kalo udah liat harga murah biasanya pusing liat tulisannya hilang tergantikan dengan pusing mikirin dompet yang menipis. Harganya pun beda-beda tipis per seller, bahkan juga seringnya sama. Jadi tinggal pilih aja perasaan hati lebih milihnya seller yang mana. Kalo gue sih biasanya suka mantengin lapaknya MimoSpider, & Crown Box. Mimo adalah seller yang namanya paling gue inget entah kenapa, kayanya semua orang belinya ke sana, emang Mimo lengkap banget sih, tapi lokasinya di Surabaya jadi ongkirnya agak mahal kalo ke Jakarta. Tapi kalo untuk PO sih, asal sellernya buka pesenan dari web yang lu mau mah sama aja.

Nah gue sebagai wanita yang ekonomis, tertariknya cuma kalo lagi ada promo-promo ajah. Bisa diliat yang gue garis bawahin ijo di atas (kalo kurang jelas bisa di klik gambarnya), setiap ada sale di web aslinya, para seller akan update di judul lapak mereka, jadi kita langsung tau dimana yang lagi ada sale. Tinggal cus ke web aslinya dan pilih produk yang dipengenin.



2. BACA TERMS & CONDITION PER SELLER
Terms & Condition biasanya ada di halaman paling pertama dan post paling pertama. Tiap seller punya ketentuan yang berbeda-beda untuk penghitungan harga, biaya, dll, dan ketentuan siapa yang boleh mesen di lapaknya. Jelas karena ini ada dalem forum FD maka kalian harus daftar dulu jadi membernya. Ada minimal keanggotaannya juga, udah berapa bulan gabung dan jumlah postnya. Tapi buat kalian yang biasa jadi silent reader kaya gue, atau baru bergabung, bisa coba email ke konteknya masing-masing seller apakah mereka mau menerima pesanan kalian. Karena kalau mesennya di lapak FD itu gak boleh minta DP, jadi pembeli dan penjual bermodalkan saling percaya. Pembeli percaya kalo barangnya bakal dibeliin, penjual juga percaya saat barangnya dateng nanti si pembeli akan membayar. Pembeli yang kabur biasanya bakal dimasukin ke list blacklisted buyer. Gak mau kan namanya dicoreng-coreng.. Tapi kalo mesennya by email dan gak lewat perantara FD, seller akan minta DP dulu biasanya 50%.

Kebanyakan seller minta di emailin data diri kalo kalian baru mulai pesen disana jadi nanti memudahkan mereka buat ngitung ongkir dan saat proses info ke kalian mengenai status pesenan kalian.



3. CEK HARGA UNTUK PRODUK YANG MAU DIPESAN
Nah begitu udah tau barang apa yang mau dipesen, bisa "quote harga dulu", maksudnya adalah, kita kasih link produk yang kita mau, dari website asli yang kita mau pesen. Misalnya maunya beli di CVS/Walgreens karena mereka suka diskon dalam waktu yang bersamaan tapi diskonnya beda dan harga aslinya juga suka beda-beda dikit, jadi kita bisa pilih dan bandingin harga sendiri. Tapi all website yang dia buka POnya bisa ditanyain asal linknya bener. Nah dulu pas gue belom ngerti mesen disini, gue minta cici gue yang pesenin, dan dia salah ngasih link. Nyebutnya Lorac Pro Palette 1 tapi linknya ke Lorac Pro Palette 2, jadinya yang dipesenin yang Pro Palette 2. Jadi kalian pastiin dulu juga link yang kalian post udah bener untuk menghindari kesalahan pemesanan.

Nanti setelah kita kasih link, sellernya akan jawab harga yang dia kasih dan biasanya sekalian jawab pertanyaan banyak orang sekaligus. Nah sebelom kita quote, ada baiknya main-main dulu ke halaman sebelum-sebelumnya buat liat orang lain udah ada yang nanya belom, dengan cara, cari post si seller yang menjawab pertanyaan orang-orang. Pinter kan gue. Jadi gak usah bacain satu-satu, cari aja post sellernya.

Karena gue paling sering belanjanya di tempat Spider, gue jadi lebih ngeh ada apa aja disana. Enaknya di Spider, waktu ada diskon, kaya kemaren e.l.f diskon 50%, dia langsung ngasih list harga produk yang lagi diskonnya, biasanya sih yang emang banyak dicari orang jadi gak usah nanya dulu udah langsung tau harganya. Ini membantu banget jadi bisa langsung pesen dan gak perlu nunggu jawaban. Kalaupun nunggu juga gak akan lama-lama banget sih, ya sekitar 1x24 jam juga akan dibales.



4. CONFIRM & REKAPAN ORDER

Yang ini bukan pesenan gue yah, cuma contoh aja kalo mau confirm order di forum


Nah kalo yang ini pesenan gue, karena post gue belom cukup jadi gue pesennya di e-mail.

Nah setelah udah tau harga produk yang mau kita beli, tinggal post lagi apa aja yang kita mau. Kalo bisa tulis nama produk yang lengkap, bisa juga dikasih linknya lagi. Lebih baik tulis nama produk lengkap, shade, dan jumlah dalam pcs yang mau dibeli jadi biar jelas dan gak bingung. Gue gak pake jumlah karena semuanya beli cuma satu. Kalo contoh di atas kan dia beli pcsnya beda-beda, jadi jelas karena semuanya ditulisin.

Abis confirm, seller biasanya akan ngasih rekapan. Biasa rekapan juga ditaro di halaman awal-awal biar gak bingung. Gue juga suka ngeliatin harga disini nih jadi udah tau ancer-ancer lah kalo lagi ada yang kepengen udah tau harganya sekitaran berapa. Rekapannya ada banyak karena mereka mesen dari berbagai tempat, tapi semuanya udah dikasih judul jadi bisa ditelitiin aja satu-satu orderan lu udah ketulis apa belom, kalo belom bisa post lagi di threadnya buat ngingetin.



5. PEMBAYARAN

Setelah barang kalian dateng, kalian akan dikirimin invoice yang isinya rekapan pesenan kalian plus jumlah yang harus dibayarkan dan dibayarnya kemana. Nah kalian tinggal transfer dan nunggu cantik deh di rumah sampe barangnya dateng!


***


Gimana? Gampang kan? Awalnya aja kok kalian terintimidasi dengan semua tulisan panjang itu, tapi lama kelamaan jadi biasa dan malah kerjaannya tiap hari mantengin itu tulisan soalnya mau tau harganya dapet berapa. Kaya gue. Mehehehe..

Semua screen shot gue ambil dari lapaknya MimoSpider, & Crown Box dengan nama-nama pembelinya gue sensor. Ya kali aja ada yang keberatan. Buat yang punya lapak juga maap apabila berkeberatan gue ambil screenshotnya, gue gak ada mau ngambil untung, cuma mau ngejelasin aja ke temen-temen yang lain biar lapaknya makin laku. Amiinn~~



***


Comments

  1. postingan paling berbahaya yang pernah kubaca.. sekian. *kemudian hati jadi nggak tenang*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahaya banget ceu liat harganyaaa~~ hahahaha

      Delete
    2. tanggung jawab,ceu..barusan eike ngider di lapak yang yeiy sebutin di atas..dan ternyata post ku cukup...terus ya udah buka-buka walgreen sama beauty.com juga... aaaaakkk... x_x

      Delete
    3. MAHAHAHA.. ayo", beli barang yg udah diincer sedari lama. Semoga kalap yah! *nyari temen* hahahahaa

      Delete
  2. Ah iya tuh, pas Black Friday kemarin sempet kelimpungan karena post di FD ga nyampe 100 dan olshop yang buka PO Black Friday nggak terlacak -_-" Biasanya cuma olshop FD yang ikutan Sale occasionally begini >.< Untunglah beberapa ada yang buka lapak di luar FD jadi bisa pesen di situ hehehe

    Post-nya bermanfaat banget Van, baru tau itu yang judul post olshop ternyata buat promo web yang mereka ikutin Sale-nya :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah syukurlah kalau bisa bermanfaat untuk khalayak luas :")
      Aaaa gue malah gak ngeh buat ikutan black friday gara2 waktu itu belom ngertii.. taun ini mau ah! XD

      Delete
  3. same with you, i always looking marketplaza to check the discount, XD
    sekalinya udah bisa belanja, dompet ama jantung sekarang suka dudgdugser gimana gitu *_*
    great post, bener-bener detail gimana caranya *kasih 4 jempol buat kak vani cantik ;)*
    coba aja dari dulu nemu postingan kaya gini, pasti dari dulu bisa order via email, gak harus buru2 ngepost sana sini demi 100 post, ngelewatin black friday sambil melongo, dan cuma kebagian cyber monday ajah huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha.. iya nih menebar racun biar yg dompetnya tipis gak sendirian ajah XD

      Thank youu destyy :*

      Delete
  4. Black friday kemaren gw belanja lumayan. Hahahahaha. Itu si elf diatas orderan lu kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan sari, itu gue nyomot orderan orang buat contoh, orderan gue yang lipstick2 semua itu isinyaa haha

      Delete
  5. aaaakkk pos aku belom cukup *nangis*
    post ini 100% racunnn abesss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keliling aja dien, gue juga lagi berusaha naikin biar seratus nih biar bisa ikutan hebring di forum. hahaha

      Delete
  6. Hai maakk.. kenalan doongg hihi gw jg anak FD. 3 taun member tapi baru 70an posts wahhaha ID lo apaan nek?
    Pertengahan januari ini gw baru ajah order2 di marketplaza. buset dah ikut 3x PO, gw udh ngelus2 dompet :')

    lapak gw pilih si mooi nih, eh nemu spider jg. bersaing yah harganya.
    kalo mimo kadang lebih mahal 5rebuan keatas bukan? sby jg cyint.
    enaknya si mooi nih meski lo nubi jg asal kirim data ke email doi, beres.
    gw sih sukanya deposit ke dy, jd pas invoice dateng ga pengen bunuh diri duluan liat tagihan.
    ehh nemu si spider, harganya suka lebih murah dari mooi, no handling & bubble wrap fee pula aww.. skrgg gw lagi coba email sih apa gw bs order lgsg di lapak.
    sekian laporan derita-kebahagiaan gw hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. yeap, baru nyoba quote kemaren di mooi, jauh lebih mahal mak dibanding di spider. Daku setia aja deh ama spider rasanya udah sehati gitu. hihihi
      Username gue mah gak kreaif mak, nama gue sendiri alias @vanisagita :")

      Delete
  7. Masih bingung nih huhu. Kalo mau liat semua seller gimana yah 😔

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haii putrii.. Emang kalo di FD itu agak pusing. Aku saranin sih main-main aja dulu diliatin pelan-pelan dulu. Bukain aja 1-1 sellernya, bacain dulu cara mereka jawab gimana, harganya cocok apa gak sama kamu, sampe kira-kira udah ngerti alurnya, baru deh ikutan pesen. Hehe.

      Paling penting sih baca terms & condition per seller,karena disana juga udah dijelasin bagaimana cara pesennya dan suka ada FAQnya juga :D

      Delete
  8. Gimana ya cara gabung ke fd.kok aku ga bisa daftar.please help me

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada pilihannya kok REGISTER or LOG IN di pojok kanan atas halamannyaa

      Delete
  9. halo, aku juga newbie nih FD hehe
    mau tanya dong, baca2 t&c nya Spider ada penjelasan buat total biaya "Harga diatas sdh termasuk sales tax usa, biaya ongkir dr usa ke indo dan release bea cukai"
    berarti 3 biaya diatas itu ditambahin setelah kita confirm barang2 kita mau kan ya? atau harga hasil quote itu udh termasuk 3 biaya tadi? bingung nih soal biaya2 yg ini, tolong pencerahannya yaaa hihi makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biaya itu semua udah termasuk kok di dalem harga quote yang dia kasih ke kita, jadi misal dari quote-an kita dia ngasih harga 50rb, yaudah nanti pas barangnya dateng yang kita bayar 50rb+ongkir. Soalnya seller lain kan ada yang tau-tau pas barang udah dateng nambah biaya bungkuslah, biaya apalah apalah, kalo di spider udah bersih. Harga yang dia kasih ya itu yang kita bayar.

      Hope that helps ya :D

      Delete
    2. hi vani ..gue lagi gugling2 nyari pencerahan buat PO di Spider and Mimo nemu deh topik ini. Jadi misalnya si spider quote harga 1juta yg kita bayarkan ke dia 1 jt + ongkir dalam negeri ya ? gw udh buka2 quote dia ke buyers kok muraaah yaaa *ahh ngelus2 dompet

      Delete
  10. Eh halo Vani.. Kalo misal cek lapak, katakanlah si spider, itu tuh yang kita baca-baca baeknya page ke-1 apa yg paling belakang ya? Pernah gitu baca di salah satu lapak seller, dia nulis 'update page 1' jadi dia update stock di page-1nya. Aaaaaah, aku bingung..hehehehe. Karena suka bingung juga liat-liat page belakang salah 1 seller yang isinya rekapan orang-orang.. Ampuuun.. :'D *mata jereng*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm.. Tiap seller sih beda-beda kan ya.. Kalo gue sih kan hobinya liatin harga kalo ada diskon di web asalnya, jadi liatnya ke page belakang-belakang. Kalo emang pengen liat ready stock biasanya diataronya di halaman awal-awal. Tergantung pengennya aja liat kemana hehe

      Delete
  11. Hai Vani, lg suka baca2 blog kamu nih. Dan tertarik buat daftar di FD, tp aku bukan beauty blogger ataupun aktivis blogger. Dan misalnya mau belanja di lapak2 itu, bisa ga ya? Mohon pencerahannya 😊😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haii Nurdita! Untuk daftar di Female Daily gak perlu jadi beauty activist ataupun blogger koks. Untuk soal beli membeli bisa liat di poin nomor 2 ya

      Delete
  12. Membagi pengetahuan itu juga dapat pahala lhooooh, makasih infonya, dari yang tau jadi tau,,walo klo belum praktek belum ngerti2 amat. Hihihi..sukses kak vani

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya soalnya dulu juga waktu belom nyoba sendiri atut aku mau beli barang di MP soalnya jiper duluan sama tulisannya banyak banget haha

      Amiiinn.. You too, Niken ^^

      Delete
  13. Membantu banget tulisannya..
    Saya baru daftar FD pas masuk mata ini keliyengan liat byk tulisan, ntah apa yg mau dipencet, bingung..
    Ntar mau nyoba step-step yg mb jelasin td deh, doain berhasil ya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama banget pas baru mulai gabung juga keliyengan isinya tulisan semua sampe mabok. Semangat ya, Rinni! Semoga sukses!

      Delete
  14. Makasi banget kak vani post nya really helpful bgt hehehe. Aku baru gabung ke fd hanya untuk bs belanja di mp. Tapi apa daya ada aturannya jg*ngelus dada* . Tapi skarang jadi bs ikutan belanja dengan caranya kakak deh hehe. Makasih kak udah bangkitin semangatku lagi😇

    ReplyDelete
  15. Hai mbak vani aq ika, ika mau aja jd member di FD,tp aq gmm post ny. Oh y mbak gmn dpat alamt email dr seller di FD, alny aq mau PO di spider tp ngk tau gmn komunika ama seller ny,

    ReplyDelete
  16. kak aku newbe juga, trus bingung ada yg ke hidden harus punya 5 post dulu
    cara ngeposnya gimana? makasih

    ReplyDelete
  17. Makasih banget tulisannya. Sangat membantu!
    Aku belajar kenal dan akhirnya jatuh cinta sama make up semua berkat FD. Aku dulu minder karena gak jarang ketemu orang yang kelihatan sering dandan tapi nyinyirin yang gak dandan. Kasih tahu ini itu, dan akhirnya malah ga nyaman. Di FD informasi dan ilmunya lumayan banyak, sampai akhirnya bisa berkreasi sesuai yang nyaman di hati.

    Aku masih bertahan pada produk lokal karena alasan murah, gak perlu pesen, dan halal. Tapi produk lokal kadang terbatas di warna atau varian, apalagi untuk brush. Mau nggak mau mulai kenalan sama merk luar, tapi tetep aja terkendala ongkir dan cara pesen yang bingungin.

    Aku belum beli sih, tapi untuk tempat belanja merk luar yang murah dan terjamin, aku mulai pantengin Mimo dan Beauty Haul Indo. Harga masih menang mimo sih, tapi menurutku Beauty Haul Indo masih 11-12. Mereka juga ada websitenya jadi enak liat katalognya. Tapi aku kadang liat diskusi nyebut spider. Aku kira itu toko di Jakarta wkwkwk

    Ternyata user yang suka jualan di MP :D
    Udah tahu lama sih Market Plaza, tapi bingung sama peraturannya. Dulu pernah ditegur gegara bikin kutipan dan nawarin preloved secara tersirat, makanya aku takut kalau bikin salah lagi, apalagi MP kan urusan jual beli. Tapi berarti emang awal-awal itu pusing ya liatin lapaknya? Aku ngerasa bingung banyak merk ga kenal udah terjentreng aja dengan jumlah diskon. Lihat barang juga harus scroll ke bawah, kurang nyaman, terus akhirnya males.

    Tapi mungkin sekali dua kali aku mulai coba lihat-lihat deh. Kayak NYX itu produk drugstore tapi varian warnanya banyak banget, jadi pengen beli. Bandingin sama harga counter bisa beda banget.

    ReplyDelete
  18. Mb Vani,

    Ini pertanyaan basic banget tapi sumpah bingung banget. Misalnya di forum ada yg bilang: cari aja di lapaknya Alea (misalnya buat produk Argan Oil), nah cara nyari lapak Alea untuk Argan Oil itu gimana ya? Aku coba search advanced tapi yang keluar adalah chatting di Forum, bukan di Market Plaza.

    Makasih sebelumnya ya...

    ReplyDelete

Post a Comment

Thank you for reading my blog, lovelies~
Every single comment you give always makes me smile for the whole day!
Drop your thoughts here and tell me what you think! Tee hee~
Have a nice day! :D

Popular Posts