[Kerjaan Part 1] Kerja Dimana? Dengan Siapa? Semalam Berbuat Apa~

Huwaa setelah sekian lama akhirnya bisa cerita disini kerjaan yang gue lakukan setiap harinya! Ya sebenernya bisa cerita dari kemaren-kemaren juga sih, tapi kan gak seru kalo belom jadi barangnya yang bisa dipamerin! :p

Jadi udah sekitar setahunan ini gue kerja di PT. Fabindo Sejahtera sebagai Product Development bagian Fanbo. Jadi di Fabindo sini ada 4 in house brand yang dijalankan. Yang pertama tentu aja merk Fanbo yang sudah banyak dari kalian yang tau. Iya, bedak yang udah ada dari jaman nenek kita itu lhoo~ Produk-produk Fanbo lebih dikembangkan untuk produk sehari-hari, jadi produknya ringan, tahan lama, dan praktis dalam pemakaiannya. 

Yang kedua ada Rivera, kayanya banyak yang belom tau kalau Rivera dan Fanbo itu masih satu pabrik ya? Sister brandnya Fanbo ini lebih ditujukan buat makeup berat kaya buat pesta atau acara-acara khusus. Produk Rivera jauh lebih banyak pilihannya ketimbang Fanbo, formulanya juga dibuat lebih berat dan lebih nutup untuk mengakomodir tujuan pemasarannya. 


Terus ada produk bayi juga loh ternyata! Gue juga baru tau pas masuk sini. Merknya itu Bambi. Kemasannya lucu-lucu dan wanginya enak-enak. Nama produk ini belom begitu kedengeran tapi kualitasnya diliat dari formula dan desainnya gak kalah dibanding merk-merk terkenal lainnya. Kalo ada temen yang beranak biasanya gue beliin ini, soalnya lucu. Hihi~ Merk Bambi udah tersedia di Carefour seluruh Indonesia, kalo ketemu jangan lupa dicobain yaa!

Terakhir ada merk Sophie. Merk ini lebih dikhususkan buat macem-macem popok dan teman-temannya. Produknya ada panty liner, adult diaper, maternity, dan perlak. Bahannya lembut dan kualitasnya jangan ditanya lagi deh, merk-merk yang kalean liat di pasaran itu gak ada yang daya serapnya sehebat merk Sophie! 

Eh gue ngebanggain dikit gapapa ya, namanya juga kerja disini, jadi tau cara pembuatannya dan sedikit banyak tau hasil-hasil pengujian perbandingan dengan kompetitor.


Boleh dibilang kerjaan ini kaya mimpi jadi kenyataan, soalnya gue emang bener-bener suka banget ngebayangin kalo ngembangin produk kosmetik itu kaya apa dan pengen tau juga gimana produk itu dibuat dari ide awal sampe produk jadi. Jadi terima kasih banyak buat sepupu gue, Koko Baba yang udah ngenalin ke sini. Terima kasih juga bos-bos baik hati yang melihat potensi dan semangat gue dalam membuat produk kosmetik walaupun jurusan kuliahnya gak nyambung. Hahaha.

Kalo ditanya kerjaannya apa, banyaakk! Mulai dari ide awal sampe proses produksi semuanya diurusin. Kalo gue ceritain semuanya kayanya pada bakal tidur kali ya, gue cerita bagian seru-serunya aja ya. Yang seru buat gue itu adalah saat bikin konsep produk, disini gue buat semacem detail jelas soal formula yang dimauin kaya apa, finishnya begimana, packagingnya mau pake apa, perbandingannya dengan kompetitornya gimana, udah cukup menjual belom kalo diliat dari sisi produknya sendiri. Kalo formula gue cuma bilang aja maunya kaya apa, mungkin tunjukin produk yang gue maksud kaya apa ke tim Research & Development (R&D) nanti mereka yang akan adukin formulanya, tapi akan tetep dikasih ke tim Product Development (Prodev) untuk persetujuannya, masih masuk dengan konsepnya apa ngga. 

Masuk ke ranah packaging, bagian yang paling banyak Prodev urusin. Mulai dari nyari packaging primernya, bentuk, warna, desain, bahan, finishing, dan yang terakhir dan paling susah buat disesuaikan, harga. Hahaha. Serius deh, nyari packaging itu susah yang bagus tapi murah. Nah kalo packaging primernya udah dipilih, lanjut ke hiasannya. Misalnya botol, mau pake sticker atau printing langsung di botolnya? Finishingnya matte apa glossy? Tulisannya timbul atau rata? dan pilihan-pilihan lain yang sebenernya simple tapi banyak dan harus saling  nyambung biar produk itu jadinya sesuai sama konsep awalnya. 

Nah kalian pasti banyak yang mau bilang, "Eh Van, itu desainnya mbok ya dirapihin jadi modern gitu biar saingan sama merk luar negri!". Tenang, gue juga maunya gitu kok. Tapi kalo desain lama ya gue udah gak bisa banyak ngomong deh, secara itu udah ada dari jaman gue masih hobinya ngupil di pinggir jalan. Tapi untuk ke depannya, dari Bos besar yang paling concern dengan desain juga udah di titah untuk bikin Fanbo dengan kesan yang modern. Siap laksanakan, Bu Bos!

Untuk desain sendiri buat produk-produk baru yang sedang dikembangkan ini udah ada agency yang jago banget untuk menjadikan nyata bayangan kami di Prodev soal desain yang dipengenin. Jadi tugas gue di sektor ini lebih ke pembuatan briefing supaya desainernya mengerti maksud gue dan tek-tokan sampe jadi. Oh dan yang serunya, gue juga bertugas buat bikin redaksional di produk-produk ini lhooo~! Ya pastinya ada revisi dan perbaikan dari bos-bos (banyak bosnya yang perlu acc) tapi sebagian besarnya gue yang bikin. Woohooo! I feel awesome af!

Yah kira-kira begitulah kerjaan gue, kalo ada yang masih penasaran soal kerjaan gue boleh tanya di komen, kalo banyak nanti gue bikin post berbeda deh buat cerita lebih detailnya. Dalam dua post ke depan gue mau pamer dulu ah produk yang gue ikut ngembangin dan udah jadi. Udah ada di pasaran juga loh! Jangan lupa dibeli. Abis beli laporan sama gue, yeh. Biar guenya seneng gituh. Mihihii~ Yang penasaran tunggu post selanjutnya ya! :D



***


Comments

  1. hihiii, gw yang baca juga bangga lho :D
    asik yah akhir nya menjadi orang behind the scene produk lenong.
    ini produk Indonesia asli apa masih ada saham pihak asing yah??
    Btw, main yah :D ke daku punya blog
    by BULEIPOTAN BLOG ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awalnya sih ngambil lisensi dari Cina (lupa cina bagian mana tepatnya) tapi buat yang hoitong doang. Hoitong itu yang mirip Palladio itu lhoo~
      Nah kalo sisanya semua asli dikembangin disini :D

      Delete
    2. mantab mak, aku kudu support Produk Lokal enih, iyey XD

      Delete
  2. Hi, Kak! Biasanya jadi SR sih tapi skrg mau ikutan komen hahahaha
    enak dong kak bisa dapet fanbo gratisan👻👻 terus kl product yg kakak bikin dipake sendiri jg gak? Pernah gak product yg jadi malah gak sesuai ekspektasi? Product yg paling bagussss di fanbo ini apanya nih. *Ini udah kaya wartawan aja* Salam kenal ya Kak! Gue Widi, btw☺☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak dapet gratis cyin tetep aja bayar cuma dapet diskon doang 5%. Hahahaha

      Pasti pake dongg, kan waktu buat udah dipastiin kalau emang bagus dan memuaskan. hihi. Produk yang gak sesuai ekspektasi..hmm.. gak ada sih, tapi mungkin soal ekspektasi bisa dijelasin dalem post lagi kali yah!

      Paling bagus itu Blush On & Body Scrubnya (soalnya gue yang bikin). Haha. Gak deng, yang gue suka sih
      - hoitongnya buat masker dingin
      - foundation fantastic rasanya kaya BB cream
      - TWC Fantastic karena warnanya masuk dan tahan lama
      - Pensil Alis Fantastic, coklatnya pas sama rambut, empuk, kereng, tahan lama
      - Fantastic Eyeshadow Kit no. 02, warnanya soft & natural. Kurang tahan lama sih, tapi kalo buat harian entah kenapa pewe aja pake itu hihi

      Salam kenal yaa, Widi! :D

      Delete
  3. Waaah.. Kantornya di pulogadung bukan Van? Asiik ditunggu revolusinya :D. Bikin pemasarannya mudah dijangkau juga ya kaya merk sebelah yang warna hijau ituu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue di Cikupa nih, pabriknya disini. Haha. Iya nih pengennya sih jadi kaya merk sebelah itu yaa. Doain semoga lancar yaaaa! :D

      Delete
  4. "Tapi untuk ke depannya, dari Bos besar yang paling concern dengan desain juga udah di titah untuk bikin Fanbo dengan kesan yang modern."
    ketika membaca ini, semacam mendapat secercah harapan bahwa produk lokal mampu bersaing dengan produk lokal... hahaha.. semoga segera terwujud ^^

    ReplyDelete
  5. Cieeeeeehh Vani press conference nih ceritanya! :p #kaboooorr

    Mau nanya apa yaa... Uhmm... gajinya berapa Van? #kaburbeneran LOL! :D
    I wonder kerja di brand gini, kalo bawa produk makeup brand lain masih boleh ya? Kalo boleh, malu sendiri jadinya ga sih? hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah doonggg! Karena akhirnya ada yang bisa dipameriiinn HAHAHAHA. Nindy tuh akses VIP, taunya duluan. :p

      Kalo di kantor gue sih boleh karena itungannya mempelajari produk kompetitor, tapi menurut kabar burung sih kalo di Sariayu kalo ketauan bawa produk lain langsung diambil dan gak dikembalikan lagi. Hahaha. Kalo lagi bawa Just Miss gitu sih gapapa diambil, lah kalo lagi kelupaan ada lipstick Chanel nangkring di tas kan berabe, cyin.

      Delete
    2. mihihihi :D

      Waduuuuh! Serem amat itu disita nggak dibalikin lagi :O Alamat deh kalo high end brand yg disita nangis garuk2 aspal aja T.T

      Delete
  6. Pas pertama baca itu, Seru!
    cita-cita banget bisa kerja di bidang kayak begini nih, sesuai hobi banget. Tapi kadang lowongan buat masuk ke tempat itu sedikit susah gak sih, soalnya kalo nyari pasti yang muncul si Paragon. Pingin sih ke Paragon, tapi kayaknya bener-bener musti ngandelin "Takdir" hahah. Jadi semangat ngerjain skripsi nih, biar buruan kerja wkwkwkw ayooo ah bikin Part 2 nyaah~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa betul, kalo gak pas ada temen yang kerja disana atau keluarga suka gatau kalo lagi ada lowongan. Saran gue sih coba datengin web/socmednya, terus langsung tanya ke adminnya lagi ada lowongan ato gak. hihi.

      Cobain aja masuk paragon, seru lagi banyak baaanget produknya! :D

      Delete
    2. Susah banget katanya di paragon masuknya uhuhu. Nice tips! Makasih besok pas udah wisuda langsung cusss cari - cari ^^

      Delete
  7. aaak >.< aku seneng postingan kayak gini nih kak vani! (btw salam kenal yak)
    bisa kerja di perusahaan kosmetik juga salah satu hal yang aku pingin, kayaknya seru bisa ngembangin produk kosmetik ala ala michelle phan, lokal punya lagi. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haaii salam kenal jugaa, Devi! :D
      Iyaaa, seru loh apalagi kalo emang udah jatuh ke jurang sama kosmetik. Ah bener baru kepikiran berasa kaya Michelle Phan. Hahaha. Yah sekarang masih ada kesempetan belajar, nanti-nanti bikin merk sendiri! XP

      Delete
  8. Iihhh...aku seneng deh kalau baca/denger orang yang cerita tentang kerjaannya dengan penuh cinta dan semangat. Bukan yang melulu mengeluh pengen mati kalau senin atau tanggal tua :'). Kak Vani kewl bangeeettt!! Akupun pengen kaya kakak. Bukan kerja di bidang kosmetik, tapi kerja di bidang yang aku pengen. Lagi berusaha nih kak! Mohon doanya yah.

    Kalau aku suka kok sama Fanbo. Soalnya kualitasnya mayan dan harganya murahan bangeeett. Pokoknya cocok deh buat kantong blogger selalu bokek kayak aku. Aku tuh suka bedak yang gloria, lipstiknya yang murah nyaris gratis, dan juga pensil alisnya (favorit selalu nyetok!). Bahkan saking sukanya sama harganya, aku nggak rela deh kalau produk-produk yang aku mention tersebut ganti pekejing. Karena kalau ganti pekejing kan berarti naik harga buat biaya design + gaji kakak Vani :(. Tapi teteplah aku pengen nyobain body scrub dan blushonnya yang baru ituh.

    Kelemahan produk Fanbo tuh satu dan fatal banget: susah dicari! Jaman di Jogja sih gampang2 aja ya nyarinya. Tapi setelah pindah ke Jakarta, susah banget cari Fanbo.

    Selamat ya, Kakkk. Aku tunggu gebrakan-gebrakan selanjutnya! Nantik kalau udah ketemu sama produk yang kakak bikin aku mention-mention lucu kamuh deh :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin kak, amiiinn. Semoga cepat dapat kerjaan yang sesuai dengan passionnya. Biar bangun pagi rasanya semangat dan cerah ceria!

      Kalo ganti packaging tapi harganya sama boleh gak, Kak? Pengennya kan yang mau touch up pake fanbo di tempat umum itu bangga dan berasa pamer gitu loh, kak. Kaya aku gitu kemana-mana touch up pake Fanbo. :3 *iklan numpang lewat*

      Nah itu dia. Aku aja yang kerja di pabriknya nih, susah dapet barangnya cyiin.

      Makasi kakak blogger cantiikkk. di hypermart coba kak. :3

      Delete
    2. Aww..makasih doanya :3.

      Wah boleh banget dong kalau misalnya ganti pekejing yang lebih lux gituh, tapi harganya tetep. Kan makin seneng tuh pakainya.

      Okek, coba deh weekend ke Hypermart :3.

      Delete
    3. Yesshh udah dapet ijiiinn~ Semoga aja deh ya bisa kesampean harapankuh iniiihhh X)

      Delete
  9. Penasaran sama Hoitong&Lipstick-nya, abisan gak berani pake make up dulu muka masih jerawatan parah hahahaha. Mau beli hoitong maju mundur liat packaging-nya:)) Masker dingin itu bisa dipake buat yang jerawatan gak kak?

    Jadi penasaran sama Body Scrub yang Sakura. Harganya dibawah wardah, perfume-nya sekuat wardah gak? *eh compare* Tapi kalau creamy gitu biasanya kurang pol gitu waktu nggosok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobain aja dulu dikit, Wid di bagian jerawatnya. Temen aku sih ada yang malah jadi kempes jerawat-jerawatnya dan jadi mulus gitu kulitnya. Packagingnya jadoel banget ya, tapi aku malah suka! hahaha

      Menurut aku wardah lebih kenceng, tapi wanginya aku lebih suka yang sakura inii. Soalnya aku suka wangi yang floral gitu. Terus sakura ini juga wangi dan lembabnya tahan lama loohh. nyam :3

      Delete
  10. envy banget van! syumpe..
    good luck yaa :)

    ReplyDelete
  11. Udah lama gw ga berkunjung kesini. Vani makin cantik deh. Gw sedih. Kelakian dan kegantengannya sudah hampir tidak bersisa. :D:D
    Jadiih, kenapa (akhirnya!) dibikin presscon van? :D Ah, pengen main-main kesana. :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaupun penampilan udah gak, tapi jiwa dan kelakuannya masih laki kok, bet! Hahahaha. Iya akhirnya gue bisa pamer soalnya produknya udah ada yang jadiii. Kalo cuma cerita doang tapi gak ada bukti kan pamernya jadi gak maksimal. :p

      Ayo mainlah sini kerumah gueeeeeeee

      Delete
  12. Vani, your job sounds so awesome yaaa!
    Must be so nice to work in a field that you are passionate about!
    So proud and happy for you :)

    Abis dari kerjaan yang ini, mau juga ah nyoba ke beauty industry semoga jodohhh hehe

    xx
    valencialala.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, indeed! Thank you, Val XD

      Amin amiinn.. Seruu loh kerja di beauty industry, kaya jadi pekerja belakang layar buat bikin orang jadi cantikk.. :D

      Delete
  13. halooo kakakkk Vani,bangga banget baca postingannya..perkenalkan saya silent reader hahaha..
    sukses ya buat kerjaannya..benar2 jadi pengen cobain fanbo..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haaii Erikaaa! Terima kassiii yaaaa... ayo cobaiiinn hehe

      Delete
  14. Vaaan elo kerja di fanbo ternyata? Hwaaa!! Dream job sekali kerjaanmu. Baiklah gue akan sering mengadukan fanbo di FD dengan sengaja ngetag namamu. Hahahaha. Blush on nya lucuk sekali!! Bangga juga kenal ama orang dibalik benda yg super lucuk <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa cyiinnn~~ ayo dong naikan racun-racun fanbo di forum, kalo gue yang heboh tar disangkanya nyepik hahahah

      Delete
  15. hello selama ini jadi silent reader, pengen juga nih kerja di dunia perlenongan, seruuu pasti.. oh iya, fanbo emang pekejing makeupnya mesti merah ya? ganti yang lebih elegan dong, tuir banget keliatannya.. pengen juga kerja diperusahaan kaya begini, cuma emang rasanya agak susah ya..

    ReplyDelete
  16. Hallo kak Vani...Salam kenal
    ak butuh pencerahan nih kak
    sebetulnya Fanbo punya web resmi g sih?
    terus beberapa waktu lalu coba datang ke pasar dan Naga Swalayan tp katany g jual produk fanbo
    ak di jakarta timur,mungkin ka2 tau aku bisa dapetin produk2 itu dmn?

    syukur2 ad yg jual secara online produk2 fanbo kak...

    mohon pencerahanny kak. Terimakasih 😊

    ReplyDelete
  17. Sebaran produk ny kurang merata yak.. susssah banget nyari ny meski ud ubek2 swalayan gede ampe kios2 kosmetik kecil. Ada juga varianny dikittt banget. Padahal ud ileran loh mw beli fanbo. Apalah daya cm bs beli online.. -_-"

    ReplyDelete

Post a Comment

Thank you for reading my blog, lovelies~
Every single comment you give always makes me smile for the whole day!
Drop your thoughts here and tell me what you think! Tee hee~
Have a nice day! :D

Popular Posts