Steal or Splurge?

Atau bahasa padangnya, ngirit atau hedon. Dulu waktu gue baru mulai nyemplung ke dunia per-makeup-an, satu hal yang bikin gue bingung adalah benda apa yang worth it untuk dibeli dengan harga mahal dan apa yang gak perlu. Awalnya gue mikir, mending beli yang mahal itu yah yang jarang gue pake aja, jadi kan seneng tuh liat produknya gak abis-abis. Tapi kemudian gue baca di FD lupa tepatnya di thread apa, emak-emak disana lagi pada ngebahas soal mending beli produk mahal itu mending produk apa, terus ada satu orang yang bilang kalau beli barang mahal itu ya yang sering dipake, soalnya kan udah beli mahal, masa cuma mau diliatin sampe expired? Kita malah harusnya beli barang mahal itu yang justru di benda yang sering kita pake, kalo bisa yang kepake terus tiap hari. Omongan emak satu ini pun kemudian disetujui oleh banyak emak-emak lainnya, termasuk gue. Pikiran gue jadi kaya terbuka dan rasa galaupun hilang.

Setelah persemedian yang cukup lama, gue akhirnya menemukan beberapa benda esensial yang bener-bener pantes untuk beli hedon dan benda yang bisa diirit.


STEAL
1. Setting Powder
Gunanya buat "mengunci" foundation. Tadinya gue gak ngerti maksudnya apa, tapi terus gue pernah makein foundation di punggung seorang wanita muda yang cantik karena ada belang bekas bikini padahal dia harus pake baju pesta yang bermodel punggungnya kebuka. Terus gue pakein foundation gelap dong di bagian bekas bikininya situ, abis itu gue tumpuk bedak yang banyak eh pas mau digeser buat dirapihin malah gak bisa. Udah gue teken-teken sepenuh tenaga tetep aja gak bergeming. Di titik itu gue sadar kalo ternyata setting powder itu bener-bener penting untuk ngejaga makeup supaya tahan lama. Banyak setting powder yang sudah jaminan mutu bagusnya dengan harga yang murah. Contohnya ada Marcks Beauty Powder, udah bedak legendaris banget, gue selalu pake ini buat nge-set makeup sebelum di set dengan TWC biar mulus kulitnya. Alternatif dari luar negeri ada Coty Airspun, yang juga sudah dipercaya oleh nenek moyang bule akan kualitasnya.

2. Mascara
Umur hidup produk ini gak lama, paling banter kalo sering dipake 5-6 bulan juga udah kering. Sayang gak sih beli barang mahal-mahal terus baru sebentar udah dibuang, padahal ada produk dengan harga lebih murah yang bisa ngasih hasil yang bagus. Favorit gue buat maskara so pasti Maybelline. Pilihan maskaranya banyak banget dan hampir semuanya bagus. 

3. False Lashes
Belakangan ini lagi booming banget kan bulu mata premium yang harga sepasangnya aja bisa sampe lebih dari 30 ribu, bahkan lebih dari 50 ribu. Kalo pake sendiri dan ada rejeki lebih gak ada salahnya untuk beli merk-merk itu. Tapi lagi-lagi, buat apa beli mahal-mahal kalau ada barang dengan kualitas sama dengan harga yang jaauuuh lebih murah. Gue rekomendasiin beli bulu mata merk Glow di Pasar Baru cuma 35 ribu-an selusin, atau mau yang pilihannya lebih modern dan kekinian bisa beli di @ratubulumata di Instagram. Dua merk ini sama-sama enteng, lash band-nya lentur & tipis, bisa dipake berkali-kali, dan jatohnya bagus di mata.



SPLURGE
1. Foundation
Nah ini yang masih jadi dosa gue. Kebanyakan mikir mau beli foundation yang mana akhirnya gak kebeli-beli. Padahal foundation yang bagus sangat memudahkan kita waktu makeup-an. Sebagai produk base yang mana menjadi pondasi bagi seluruh produk di atasnya, Coba bayangin rumah mewah tapi pondasinya dari kerat telor ayam, gak banget kan? Foundation yang bagus bisa lebih menyatu ke kulit dan bikin kulit kita keliatan lebih bagus seketika, juga tahan lama. Yang masih gue incer sih MAC Face & Body karena direkomendasikan buat bridal makeup dan bersahabat baik dengan kamera lalu juga MAC Pro Longwear karena eh karena dulu pernah makein orang pake itu dan coveragenya manteb banget tapi kulitnya tetep keliatan kaya kulit aselik. Kalo sementara belom ada yang mahal banget yah pakenya yang lumayan ada Revlon Photoready. Sejauh ini masih jadi andelan gue kalo makeup-in orang, karena difoto jadi kulitnya keliatan mulus.

2. Eyeshadow Base
Benda ajaib yang bisa bikin eyeshadow murah pun jadi pigmented, gampang dibaur, dan tahan lama. Serius deh, kalo udah pake eyeshadow base, mau beli eyeshadow murah kek, mahal kek, semua jadi sama bagusnya. Rekomendasi gue adalah MAC Soft Ochre Paint Pot dan Lorac Behind The Scene Eye Primer.

3. Makeup Brushes & Sponges
Kuas makeup yang bagus baik dari segi desain dan kualitas bisa bener-bener ngebantu kita dalam proses aplikasi produk. Kuas mahal cenderung punya bentuk dan kualitas yang lebih dipikirkan, kita sebagai pengguna gak usah sibuk mikir gimana mau ngakalin kuasnya supaya aplikasi bagus, kuas itu malah akan ngebantu memudahkan kita waktu makenya. Kualitas bulunya juga mau yang asli atau sintetis sama-sama bagus dan halus di muka. Merk-merk macem MAC, Zoeva, Sigma, Morphe, sangat gue rekomendasikan diliat dari kualitas dan macem pilihan bentuk kuas yang disediakan disana. Memang harganya gak sampe semahal Hakuhodo tapi kalo beli satu set lengkap dari sana juga cukup menguras tabungan jadi masuk dalam golongan splurge buat gue. Buat sponge sudah tak lain tak bukan pasti si Beauty Blender yang paling tersohor itu. Busanya empuk banget dan bikin ngeblend foundation jadi cepet dan halus banget di muka. Ini benda wajib kalo mau dandanin orang buat gue, membantu banget buat bikin muka jadi alus. Kalo pake sendiri sih bukannya gak mau, tapi males nyucinya kalo tiap hari. :p

Comments

  1. Aku jg dulu suka banget pake semacam beauty blender, tapi setelah mengenal brushes jadi maleees banget pakenya karena dicucinya itu mesti telaten dan basahin dulu kalo mau pake (alias rempong) :P

    xx
    Oh Dear Bumblebees

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener bangeetttt, Mitch! Males nyucinya itu lhooo.. Apalagi kalo pagi-pagi masih keder maunya yang gampang aja haha

      Delete
  2. me...
    Steal : definitely eyelashes.... ngapain beli yang terlalu mahal kalau ada yang murah dan sama dari tekstur dan hasil akhir. hahahaha....

    Splurge : Primer... Mau eyeshadow, ataupun face, kebanyakan dan sudah dibuktikan sendirir, banyakan yang high end yang berhasil.... Hihihihhi...

    Great post btw...
    Main-main ke blog aku juga yaaa...
    Have a great week...

    www.ninneta.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuuju deh sama kamuh! Bulu mata udah gak usahlah beli yang mahal-mahal kecuali kalo gemes sama packagingnya. Soalnya yang murah juga banyaak yang bagus2

      Delete
  3. RT Sponge-ku udah buluk Van T.T Sedih liatnya, meski beli pas Sale tapi tetep aja itu sponge lebih mahal dari kuas Masami Shouko-ku sekalipun! #perhitungan

    Considering to purchase Beauty Blender tapi nunggu Sale gila-gilaan atau nunggu isi seserahan aja deh :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dipake tiap hari, Nin? Hahaha, tidak sesuai perhitungan di awal yah ketahanannya?

      Wee dah minta seserahan ajaa. cepet-cepet deh biar di blognya ada anggota baru yang ikutan nampang. Hahaha

      Delete
  4. Mascara and false lashes bener steal aja hehe, false lashes yg bisa dipake berkali kali gitu juga kepakenya biasanya sekali doang soalnya males bersihinnya abis kena eyeliner dkk :p

    Visit VALENCIALALA.blogspot.com
    Shop @vanitygoods

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi bangett, itu dua udah banyak yang bagus dengan harga steal. Ya paling kalo mau beli yang splurge pas iseng-iseng kesambet ajah haha

      Delete
  5. Setujuuu! maskara sama setting powder mah nggak usah yang mahal-mahal ya mbak. Aku malah pake maskara pixy yang 30ribuan doang hehe bagus-bagus aja tuh..
    Kalo udah punya duit sendiri aku pasti bakal invest buat primer, foundation, sama tools yang high end mbak. Yang udah jelas bagus dan bisa dipake sehari-hari, tanpa perasaan nyesel sedikitpun :P

    Mbak vani ada rekomendasi bulu mata palsu sintetik yang bagus tapi murmer nggak? Pengen banget pake bulmat palsu tapi katanya kan kalo yang human hair nggak boleh ya buat muslimah, tapi kok aku nggak nemu-nemu yang sintetik disini (TT__TT)
    Sekalinya nemu, dia pake materialnya sutra, ya mahal gile lah harganya huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, mascara ama setting powder udah bener banget deh gak usah yang mahal-mahal soalnya udah ada produk murah yang ketauan bagusnyaa

      Itu yang di ratubulumata sintetis kok, Sit. Dipakenya enak, bentuknya bagus-bagus dan yang paling penting harganya murah! Hahaha

      Delete
  6. wah sama aku juga males kalo sehari2 pake beauty blender.. pake stippling brush paling cepet ahahhaha :D...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju sekali sama hot mama! Save the sponge for clients aja ya gak? Haha

      Delete
  7. Aku pakai beauty blender buat sendiriiii. Dan iya rempong tapi sukak gimana dong. Hahahaa... Gara-gara reviewmu yg dulu sama artikel yang ini, trus ketambahan dikomporin Nindy, aku jadi beli MAC Paint Pot. Belum dicoba tapi khak hahaha.. Sekarang jadi pengen Zoeva brush. Tadinya ngincer Sigma, tapi anyak yg bilang eyebrush sigma kegedean buat mata asia mending Zoeva. Terusss pengen fondie yang keren juga. Malu lama-lama pakai bourjua muluk #hayahmalu :D, Ah kaw racun sekali.

    Sekian curhatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gapapa rempong asal bahagia, senantiasa hati damai sentosa. Dicoba deh, Kak. Dijamin puasshh sama performanya! Borjua mah masih itungan mahal kalo disini! hahaha. Beli Zoeva yang set-setan aja, lebih chantiq modelnya apalagi yg rose gold vol. 2 uurrggghh gemesh.

      Delete
  8. Kebalik banget sama akuuu... Foundationku 17ribu ajaaaa, tapi eyelashesnya 55rb sepasang hahahahaha tapi namanya seneng yaaah, enggak pandang harga deh yang penting nemploknya bagus xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang paling penting emang hati senang, mau mahal mau murah efeknya sama. Ya walaupun paling seneng kalo ketemu barang murah yang baguss syih hahaha

      Delete
  9. Penasaran ama beauty blender nya deh~ Aku udah pesen sih tapi kayaknya masih lama di bawa ke Indonesia T^T semoga aja bagus beneran yaaa~ Soalnya kok ada beberapa yang bilang gak worth it buat dibeli

    http://farrelandmerry.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu pas aku pertama kali pake juga berasanya gak worth it, tapi lama kelamaan malah demen banget gara-gara empuk di muka

      Delete
  10. Kakk kita sama banget haha I'm such a sucker for foundations dan aku juga lagi kepengen MAC Face & Body karena katanya emang bagus :')

    bananaydanay.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa tuh penasaran banget soalnya ringan dan tahan lama kan katanya terus bikin kulit keliatan louminous

      Delete
  11. Steal: lipstik/lipbalm, facial wash, facial scrub
    Splurge: serum/essence/moisturizer,mask,primer,esedo

    ReplyDelete

Post a Comment

Thank you for reading my blog, lovelies~
Every single comment you give always makes me smile for the whole day!
Drop your thoughts here and tell me what you think! Tee hee~
Have a nice day! :D

Popular Posts