Anak Bocah Dikirim ke Hong Kong

Hai hai! Buat kalian yang follow instagram gue pasti tau kalo gue baru balik dari Hong Kong. Jadi gue ke Hong Kong kemaren buat dateng ke acara pameran Cosmoprof. Pameran ini adalah pameran kecantikan terbesar di Asia yang emang tiap tahun diadain di Hong Kong. Gue dikirim pergi kesini sama kantor buat ngeliat tren dan inovasi baru dalam dunia kecantikan, juga buat sekalian nyari supplier packaging, soalnya kan disini semua orang ngumpul gitu jadi bisa langsung dapet kontaknya, secara banyak juga supplier yang gak punya website.

Gak cuma kantor gue doang kok, hampir semua perusahaan kosmetik dengan nama besar di Indonesia juga pergi ke sana juga. Jadi kalo selama ini kita (iya, kita, Soalnya dulu gue juga mikir hal yang sama dengan kalian) kan mikirnya, "Ah merk Indo mah jadul, gak ikutin perkembangan jaman. Inovasi dikit kek biar modern tuh kaya merk luar!", padahal merk-merk Indonesia ini juga ngikutin loh, perkembangan kosmetik di luar sana, cuma produk yang dipilih untuk dikembangkan untuk pasar Indonesia memang disesuaikan dengan selera mayoritasnya alias barang yang paling banyak lakunya.

Gue aja nih kemaren pas disana dapet sampel dari supplier untuk produk-produk yang dibuat dengan teknologi tinggi dari Jepang. Ada juga dijelasin oleh perusahaan Jerman soal produk alis yang udah dipesen sama merk Amrik untuk dijual dengan harga USD20 sebotolnya. Kalo merk apapun mau beli juga bisa, nanti formulanya disesuaikan. Tapi balik lagi semuanya ke brand masing-masing, konsepnya apa dan pasarnya siapa. Jadi jangan dipikir merk lokal itu "buta" soal tren, karena sebenernya sebelum tren itu terjadi, kemungkinan terbesarnya, perusahaan kosmetik ini udah pernah terima sampelnya dari supplier luar negri, bahkan Jepang dan Jerman sekalipun. :D

Tempat pamerannya gede banget sampe 5 lantai! Ini buat gambaran aja gue dateng pas hari pertama jam 9 pagi udah serame ini, makin siang terus makin rame. Baik orang yang buka booth atau yang dateng dateng dari berbagai negara. Banyak banget gue liat bule-bule seliweran. Entah itu yang ganteng-ganteng atau yang serem-serem. Terus karena ketemu bule ini gue berasa kecil! Ah bahagianya, di saat setiap hari gue selalu merasa bagaikan raksasa, disitu gue berasa jadi liliput yang bisa lemah dan juga tak berdaya. :3

Serunya disini kan semua orang pasti memamerkan produk mereka yang terbaik. Banyak disini gue liat packaging merk Eropa yang harganya selangit karena keluaran makeup artist ternama, dibikin sama perusahaan Cina. Packaging merk-merk Amrik yang kalo gue mau beli barangnya itu mikir dulu 1000 kali karena harganya yang mahal juga banyak. Terus juga gue liat merk seorang Beauty Guru nongol di spanduk sebuah perusahaan yang ngebikinin produk itu buat dia. Perusahaannya? Dari Cina juga :D

Hal kaya gini sebenernya gak aneh di dunia kosmetik, jadi kalo orang punya brand, gak harus punya perusahaan dan pabrik sendiri. Cukup pesen ke perusahaan yang menjual jasa pembuatan tersebut mulai dari formula sampai ke kemasan bisa dicariin dan kita tinggal dapet barang jadinya untuk dijual. Walaupun "numpang" bikin di pabrik orang, buat formula, packaging, dan desain bisa kita semua yang minta. Tinggal nanti pembuatannya disesuaikan dengan budget. Kantor gue juga nerima loh jasa pembuatan produk kosmetik! :D

Banyak juga yang jual formula jadi. Ibaratnya formulanya udah ada, kita cuma mau pilih desain atau packaging yang berbeda terus langsung dijual juga bisa. Macem produk alis yang gue bahas di atas. Makanya untuk kasus Lime Crime yang ngambil formula orang dan ngejual lagi dengan namanya sendiri dan harga yang lebih mahal sebenernya gak ada masalahnya menurut gue, karena brand itu gak cuma diliat dari kualitas tapi juga dari brandingnya. Nah branding ini yang butuh banyak budget karena image yang diciptakan itulah yang bisa ngangkat harga suatu produk. Cuma cara dia menanggapi pertanyaan dan sikapnya ke blogger itu aja yang emang agak berlebihan.


Sembari macet, coba direnungkan. Orang keluar negri itu ada tujuannya masing-masing. Mau kerja atau liburan, orang udah punya rencana dan aktifitas yang sejatinya sudah dinanti-nanti untuk dilaksanakan. Kalo mau nitip-nitip barang, ya legowo aja. Dibeliin syukur, gak dibeliin ya jangan manyun. Karena sebagai penitip, ada baiknya kalian, wahai kisanak, pikirkanlah orang yang sedang bepergian itu. Orang mau senang-senang atau mau kerja malah lagi kalian bebankan dengan titipan kalian. Juga sama halnya dengan oleh-oleh, kalo dibeliin alhamdulilah, gak dibeliin ya jangan marah-marah. Kalo orang yang kalian titipin atau mintain itu megang duit, kalo gak megang? Kalian nitip-nitip dan minta-minta, gak kasian kalian sama orang itu? 

Ini bukan curhat, cuma sepatah dua patah kata isi hati gue aja. Karena gue pergi itu buat kerja tapi malah ucapan orang-orang cuma, "Jangan lupa oleh-oleh ya!". Saking betenya sama ucapan itu, begitu ada yang tau gue mau pergi ke Hong Kong dan bilang, "Sukses ya!" gue sangat bahagia, senyum seharian, jalan pun sambil lompat-lompat kecil. Karena akhirnya ada orang yang mengerti maksud kepergian gue.


Disana gue sempet ke toko-toko kosmetik macem Sasa dan Bonjour, banyak barang menarik tapi harganya lebih mahal dibanding ikutan beli PO di lapak FD. Akhirnya gue cuma liatin aja barang apa yang lagi ngetren di pasar sana. Orang Hong Kong itu kalo belanja kayanya udah gak pake mikir deh. Gue kan sempet ke SOGO disana juga, jam 11an barang baru dimasukin ke dalem molnya, dan itu barang mahal-mahal macem Cle de Paeu, Chanel, Dior, masih ada dalem dus coklat yang segede bagong itu, udah dicomotin aja ama pembelinya gak sempet dipajang lagi di display. Baru sekali gue ngerasain SOGO rasa ITC.
.
Terus ini pas muter-muter di pameran Cosmoprof gue ada nemu merk Korea namanya Beauty People. Suka banget dan gak bisa lupa gara-gara gambar Snow Whitenya yang lagi manyun! Hahaha. Gemes bangeetttt. Barangnya sih yang dijual standarlah. Cuma demen gara-gara gambarnya doang. XD Kalo ada yang tau olshop Indo mana yang jual tolong kasi tau gue ya!

Karena harga disana mahal, gue, nci-nci cina yang pelit ini ogah beli barang-barang disana. Satu-satunya yang gue beli di toko kosmetiknya adalah Kose Softymo Speedy Cleansing Oil karena udah dikasi tau ama Sari kalo harganya murah disana dibanding ikut beli PO. 

Barang sisanya ini beli di pameran karena emang gak pernah liat di luaran. Ini produk dari Jepang namanya Steam Cream. Gunanya sebagai pelembab dan bisa dipake mulai dari rambut, muka, sampe badan. Katanya sih ini pas dibikin ada proses steamingnya gitu makanya krimnya jadi berasa light & fluffy. Abis dipake kulit keliatan lembab agak berminyak gitu tapi gak lengket sama sekali! Ah aku suka suka suka! XD

Terus kalo biasanya kita udah familiar sama cleansing oil yang kalo kena air berubah jadi semacam milk cleanser, kalo yang ini pas dikasih air berubahnya jadi sabun! Gue super terwowowkan dan ngebet banget harus beli. Soal pas dicoba di tangan itu abis dibilas jadi lembab banget dan gak ada licin-licin minyaknya. Ini dari brand Amitie yang gue gak pernah denger sama sekali. Tapi perusahaan ini bikinin produk buat salah satu merk Korea yang belom lama santer terbaca di jagat maya Indonesia. Harga dan kualitasnya juga lumayan. Gue jamin, kalian sebagai online beauty junkie pasti tau merk ini. Huruf depannya S dan artinya cinta. Mihihi. Gue semacam bahagia gitu karena tau merk apa dibuatnya dimana. Terus selama kemaren pegi gue doang lagi yang heboh sendiri pas tau ini ono gini gono. 

Pas hari terakhir gue dapet jatah keliling pameran sama Ibu Bos yang kocak abis. Ini bos gue yang satu ini kalo ngomong bener-bener lucu banget udah kaya lagi denger stand up, malah lebih lucu. Terus juga diajarin kalo mau ngelobi supplier itu jangan straight to the point mau ini ono, tapi ajak ngobrol mereka dan bikin mereka inget sama kita. Emang sih kebukti, semua tenant pameran itu kalo udah diajak ngobrol ama beliau udah berasa kaya temen aja gitu. Kaya sodara jauh yang udah lama gak ketemu. Gue mesti latihan nih biar bisa jago ngobrol ke orang kaya dese. Ini fotonya dari si tenantnya (di foto yang masih muda), katanya biar kalo ketemu bisa nyapa. Haaa baiknyaa. Mana gue juga gak pernah punya foto polaroid. Ni foto malah jadi oleh-oleh yang paling memorable dari perjalanan ini. :D

Nah selain itu buat pembaca sekalian yang juga suka makeup, gue tidak menyarankan beli makeup di Hong Kong karena harganya mahal-mahal. Lebih baik kalian wisata foto aja disana. Pake baju yang cakep-cakep terus jalan-jalan aja keliling kota. Orang-orang disana banyak banyak yang cakep-cakep kaya model, mau pake jas, mau pake baju santai, jalan aja seliweran gak ada yang ngeliatin. Jadi kalo mau foto-foto ala look book disana recommended banget deh! Gak pake grogi diliatin aneh sama orang-orang. Haha.

Comments

  1. Wkwkwkkk sama, paling bt-lah tiap denger pada minta oleh2.
    Di kbeautylover kayaknya bisa deh PO beauty people itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang bete apalagi kalo ngomongnya nyerempet2. bodo amat lu sono ngomong ama tembok. Entar gue coba liat deh kesana. Makasi Indira!

      Delete
  2. kerjaan nya cici asik bangeet.. =O
    Thanks for sharing.. ^^
    aku jadi lebih mengerti tentang distribusi perusahaan-perusahaan kosmetik..

    uniquebloggonnabe.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya seruu banget nih, tapi baru tau sedikit banget. Masih pengen belajar lagi yang banyak soal bisnis kosmetik! :D

      Delete
  3. Seru ya pamerannya.. Itu steam cream ga perlu dibilas lagi kah abis dipake? (abisnya ada efek steam dan bs bikin berminyak) Kemasannya cewek banget. Aku suka <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seruu banget, Mitch! :D

      Ngga itu dipake kaya pake pelembab biasa aja. Proses steamingnya pas lagi dia produksi kok jadi kitanya gausah ikutan di steam haha. Nanti efek berminyaknya itu lama-lama nyerep dan jadi lembab. Tapi enaknya gak bikin tangan kepliket-pliket gitu XD

      Delete
  4. hahaha seru banget pamerannya van! thanks for sharing :)

    xoxo | Beauty Redemption

    ReplyDelete
  5. SOGO rasa ITC. LOL! Pas gw kesana juga lagi ada promo gede di sogonya. Gila banget deh, belanja tas bermerk uda kayak belanja tas di mangdu, berebutan, atau di counter SKII antiannya panjang. hahaha. Padahal mah kalo gw kurs-in ke Indo kagak murah-murah amat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya gue heran banget itu orang kok duit udah kaga ada serinya semua kali ya beli Cle de peau berasa lagi beli kacang goreng.

      Delete
    2. I wonder pendapatan rata-rata di sana berapa yaa. Mungkin kayak New York-nya Cina gitu yaak >.<

      Delete
    3. Nah itu dia. Abis semuaaa mahal bener, makan aja mahal

      Delete
  6. BErarti pendapatan orang Honkong emang ajib banget.
    Gw kalo di suruh kesana dan liat brand baru juga ter-WOW-kan, hahahaa, jingkrak girang sendiri, Secara ketemu dunia lebih luas dan brand maceb-manceb.
    *Oia, oleh-oleh nya ini doank kaka?? #PLAK!!

    Meet Me, Writer of | MY Dellilah Blog |

    ReplyDelete
  7. Produk Korea berawalan huruf S yang berarti cinta.. Uhmm... Scinta! Ya kaaaan?? Bener kaaaaan aku?? XD

    Itu beauty guru yang dibikinin palet si Carli Bybel yak? :D

    Seru ya Van, kayak ke Frankfurt Book Fair-nya kosmetik ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul sekaliiiiii!!

      Bukaann Beauty gurunya punya pacar namanya Jim. :p

      Iya seruu kaya jadi tau apa dibuat dimana gitu. hihii ceneng anet :3

      Delete
    2. yg beauty guru si Michelle Phan bukan? heheheh #kepo

      Delete
    3. Dih dinii.. Michelle phan kan nama pacarnya bukan jimmmm

      Delete

Post a Comment

Thank you for reading my blog, lovelies~
Every single comment you give always makes me smile for the whole day!
Drop your thoughts here and tell me what you think! Tee hee~
Have a nice day! :D

Popular Posts