Soal Kartu Nama & Kegalauan Yang Menyertainya


Gue selalu pengen punya kartu nama, tapi gue gak tau kartu nama gue mau ditulisin apaan. Soalnya dulu gue anti banget menyebut diri gue "blogger" karena gue gak merasa gue cukup aktif dan dikenal di jagat diary online ini untuk menjadikan kata itu sebagai titel untuk gue sandang. Gue inget dulu waktu jaman gue masih sering diundang ke event offline (sekarang udah jarang, gatau karena gue suka gak bales email undangannya atau karena gue juga kerja di salah satu brand kosmetik), teman-teman blogger yang lain pada punya kartu nama dengan desain header blog mereka sebagai penanda identitas yang disertai dengan susunan angka dan huruf yang memberitahukan bagaimana cara untuk menghubungi mereka kembali secara lebih personal. Gue di saat itu bingung, buat apa mereka punya kartu nama? Emang penting ya? Kalau sebuah brand udah bisa email gue tanpa gue kenalan dulu kan berarti mereka udah punya kontek gue?

Tapi perasaan galau itu muncul lagi, banyak pertanyaan di kepala gue yang timbul silih berganti yang intinya, "Apa perlu gue punya kartu nama?". Gue pikir, yaudahlah coba aja bikin buat iseng-iseng aja, guna gak guna yang penting kan eksis punya kartu nama. Tapi timbul kebingungan lain saat gue sudah memutuskan untuk membuat satu kartu pengenal untuk diri gue sendiri, "Desainnya mau kaya apa?". Gue ini orangnya sangat visualis dan idealis untuk urusan desain mendesain. Gue suka sesuatu yang simpel tapi cukup menarik dan menunjukan kelas waktu diliat. Pada waktu itu gue masih belom tau arah desain yang gue mau kaya apa. Yang gue tau gue mau warnanya cukup hitam dan putih, simpel dan straight to the point. Kegalauan mau buat kartu nama atau gak akhirnya berubah jadi kegalauan desain kaya apa yang bisa cukup mewakilkan gue

Di waktu yang bersamaan perhatian gue agak teralihkan dari peralatan makeup ke baju, sepatu, dan tas. Gue merasa makeup gue udah banyak dan gak abis-abis juga, sedangkan gue juga suka dandan kece maksimal. Baju cece gue udah abis gue pinjemin yang gue muat, terus gaya dia juga gak sepenuhnya sama apa yang gue suka. Disitu gue mulai bereksperimen di baju dan teman-temannya buat nyari gaya apa yang paling cocok di gue dan gue suka banget. Akhirnya gue mulai bisa nemuin gaya yang gue suka dan gue nyaman untuk gue pake. Gak jauh-jauh dari warna hitam, putih, dan abu-abu yang potongannya klasik tapi ada keunikan tersendiri. Mulailah disini gue ketemu feel yang gue mau orang rasakan saat orang ngeliat gue.

Kenapa sih kok gue ribet amat cuma masalah kartu nama doang, udah mana cuma item putih doang warnanya, simpel banget lagi. Biasa aja ah. Nah ini yang menurut gue susah. Gue suka feel yang saat gue liat itu tuh biasa aja, gampang lagi bikinnya, tapi kok hasilnya bagus sih?! Gue mau itu yang orang rasakan ketika mereka melihat gue. Buat referensi bisa liat ke youtube Lisa ELdridge atau Estee Lalonde. Liatin deh kalo mereka dandan tuh gampang banget, istilah kata, "gitu doang", tapi apa yang mereka buat tuh selalu keliatan bagus. Gue pengen membentuk image gue sampai pada titik suatu saat nanti orang bisa liat suatu barang dan bilang, "Wah barang kaya gini kan yang si Vani suka banget nih!". 

Membentuk hal kaya gini susah, soalnya gue kalo buat ngertiin suatu konsep itu lamaa. Mesti banyak referensi yang gue liat sampe blenek, terus nyoba lagi untuk ngaplikasiinnya ke diri gue sendiri. Banyak trial dan error yang mesti dilewati tapi karena gue udah punya tujuan yang jelas, trial & error ini malah lucu. Ngeliat gimana diri gue berusaha untuk menjadi apa yang gue mau. Kalian bisa liat di instagram gue. Gua jarang banget dulu ngepost macem-macem, ngepost pun gak jelas. Dulu gue masih gak nyaman dengan diri gue karena itu bukan versi diri gue yang gue suka. Sekarang gue udah mulai sering ngepost karena gue mulai ketemu dengan diri gue versi yang gue inginkan. Gabungan maskulin dan feminin, kasual tapi enak diliat. Sampe foto gue dipake untuk bikin artikel sama Hipwee.






Akhirnya setelah kegalauan yang berkepanjangan soal hal yang sepele ini, gue punya kartu nama juga. Setelah gue pede dengan apa yang gue bisa tampilkan di berbagai media online yang gue punya, gue sekarang berani untuk bilang kalau gue adalah seorang blogger yang bangga dengan titelnya. Karena dari sini gue bisa dapet banyak yang mungkin gak akan pernah gue dapet kalau gue gak melakukan hal ini. Gue juga udah bisa menentukan jenis desain apa yang gue suka dan sesuai dengan kepribadian gue. Jadi artikel panjang gini inti dan tujuan utamanya cuma mau ngasih liat dan ngasih tau kalau gue sekarang udah punya kartu nama. Haha. Gapapalah ya sekalian curhat, namanya juga cewe sukanya curhat colongan.

Comments

  1. asli. aku sering bingung soal desain. kadang ada satu akun ig yang feednya serba pink ungu kayak michelle phan sedangkan liat feed sendiri berantakan. masih dalam tahap pencarian jati diri desain haha. kalo liat kak Vani emang langsung tertuju ke something simple. edgy. trendy. nggak menye menye.

    dan itu konsisten karna aku liat baik blog maupun ig desainnya sama. nggak kayak aku. semoga aku cepet nemu desain yang pas kena hatiku hehe.

    www.blackxugar.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga dulu susaahh nemuin feel desain yg bisa mewakilkan diri sendiri. Abis liat orang dengan berbagai macam feel desain pengen ikut juga padahal gak gue banget haha

      Wah seneng banget apa yg kamu sebutin sama banget sama image yg pengen aku buat haha go adhell, banyak eksperimen biar tau mana gaya yg paling cocok buat kamu

      Delete
  2. Van, ini masalah kartu nama aku juga galau -_- Dulu punya, dulu banget pas masih SD gambarnya Card Captor Sakura hahahaha! Itu pun nyisa banyak banget. Hiks.

    Mau bikin lagi juga bingung siapa yang mau dikasih, trus insecure sendiri nanti kalau misal ganti nomor hape. Itu nomor di kartu bakalan ga kepake dan berbagai parno yang lainnya -_-"

    Betewe, your style reminds me of one of my good friend, June Paski :) She's a fashion blogger, gayanya androginy ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha jaman dulu aku juga ada nin gambarnya forever friend! Sama, waktu sd juga, tapi karena kartunya semua gambarnya lucu akhirnya malah jadi koleksi sendiri hahah

      Aaaah aku udah lama banget ngikutin june, suka sama gayanya yg santay plus suka jait sendiri! Temen kamu itu nin?? Waaa salam yaaa buat diaaa.. Aku suka langganan sepatu dia jugaaa hehe

      Delete

Post a Comment

Thank you for reading my blog, lovelies~
Every single comment you give always makes me smile for the whole day!
Drop your thoughts here and tell me what you think! Tee hee~
Have a nice day! :D

Popular Posts