Ups & Downs of Being a Freelancer


Pertama gue harus jelasin dulu alesan kenapa gue memilih buat jadi seorang pekerja lepas. Sebagai orang yang gak suka di atur-atur dan selalu mau membuat hal yang baru, alasan utama gue untuk mengambil jalan ini karena merasa terkekang dengan adanya aturan masuk dan birokrasi yang ribet sebagai pegawai tetap kantoran. Makanya waktu gue ngerasa udah gak merasa visi-misi gue udah gak sejalan di kantor yang lama, gue juga gak mau nyari kerjaan kantoran lain karena gue udah gak punya semangat itu. Semangat untuk melewati aral rintangan yang setiap saat datang tuk menguji. Semangat untuk naik tangga birokrasi. Semangat gue yang ada sekarang adalah untuk menunjukan kemampuan gue di bidang kreatif, akan apa yang bisa gue buat.

Kalo gue baca artikel yang topiknya mengenai corporate to freelance pasti gue penasaran banget, jadi freelancenya itu ngapain? Buat gue, kerjaan yang gue kerjain sekarang berhubungan dengan foto, video, nulis, dan desain. Khusus video kebanyakan gue bantu-bantu di Alexo Pictures, sisanya macem-macem sesuai tawaran yang berdatangan. Foto dan nulis banyak untuk blog ini, instagram, dan brand's social media maintenance . Nah mumpung gue bahas kalo ada yang kerja di brand dan lagi butuh branding gue ngerjain foto, copywriting, dan maintenancenya. Monggo colek-colek kalau ada yang lagi perlu. Yang lagi perlu aja, biasa yang lagi perlu lebih serius ngerjainnya. :D Nah kalau desain, mendukung semua kerjaan yang gue lakukan di atas, kebanyakan lebih ke layout sih, gue gak terlalu suka bikin logo dan gak bisa gambar. :p

Selain ngurusin Alexo Pictures, gue juga lagi ngembangin usaha gue untuk menjadi seorang makeup artist, hasil makeup gue dikumpulin di instagram @vs_makeupstudio supaya rapih buat diliat. Hasilnya masih belom sempurna, masih belajar terus dan terus. Gue juga buka personal makeup class untuk belajar makeup diri sendiri. Hasilnya juga bisa diliat di instagram ini.

Gue baru 2,5 bulan kerja begini, masih anak bocah yang lagi belajar ngerangkak di dunia baru. Syukurnya rejeki ada aja, masih cukup buat jajan kalo weekend. Jadi anak baru gue banyak menyadari plus minus di bidang ini, dan karena gue anaknya pelupa banget jadi gue mau bikin catetan kecil ini buat diri gue sendiri, supaya nanti waktu gue lagi iseng baca-baca blog gue ke belakang gue bisa inget perasaan gue di hari ini.




Pemasukan yang gak menentu
Ini bisa jadi plus bisa jadi minus. Plus ketika di bulan itu banyak orderan dan pembayaran lancar jaya, minus ketika proyekan gak approve-approve dan duit gak turun-turun. Hahaha. Kalo kaya gini jurus gue ya pinter-pinter menggunakan uang. Gue dari dulu jaman kantoran emang suka sih ngejatahin pengeluaran per bulan dan semaksimal mungkin gak menggunakan lebih dari itu. Karena waktu pemasukan tetap gak tetap pun, keadaan darurat akan selalu ada. Kayak waktu itu gue nabrak besi segede bagong di jalan tol dengan keadaan mobil lagi melaju 100 kmph, yang berakibat tempat oli gue bolong. Iya bolong, bukan sekedar penyok. Di saat itu gue belajar, jadi orang gede banyak momen dadakan gini yang butuh uang untuk penyelesaiannya. Jadi pandai-pandailah menabung


"Atasan"nya banyak
Kalo jaman kantoran, atasan banyak ini berarti bos-bos departemen sebelah yang juga masih ada hubungannya sama departemen gue atau bos di atas bos yang membuat pengambilan keputusan begitu lama karena kepalanya banyak. Kalo sekarang, atasannya itu ya klien-klien yang memutuskan untuk memakai jasa gue. Tapi yang bikin gue suka, klien yang biasa dateng ke gue itu udah tau maunya apa dan jelas kebutuhannya. Jadi ke masing-masing "atasan" tinggal disesuaikan dengan kebutuhannya. Tapi satu yang paling penting buat gue yaitu, harus sopan dan komunikatif. Karena kerjaan gue ini banyak juga penilaian personalnya. Kalau guenya susah untuk di ajak kerja sama ya kemungkinannya kecil untuk bisa diajak kerja sama lagi. Lagian menurut gue jadi orang baik gak akan bikin gue rugi, jadi buat apa jadi orang rese.



Perlakuan orang terhadap pekerja lepas
Enaknya jadi pekerja di bidang ini gue ngerasa jadi lebih kaya partner dengan orang yang gue ajak kerja sama. Kita kerja bareng karena sama-sama saling membutuhkan, jadi respectnya ke satu sama lain lebih mutual. Tapi ada juga klien yang nganggep gue cuma sebagai pekerja kasar gak bernilai, yang kalo ngomong agak merendahkan. Ada yang ngomong langsung, ada yang ngomong di belakang. Tapi lagi, selama gue bisa jadi orang baik gue akan tetap begitu, gue gak suka diperlakukan seperti itu, jadi gue gak mau untuk melakukan itu ke orang lain. Ya kecuali orang itu udah bener-bener ngeganggu gue itu lain cerita. Hehe *senyum manis ala bidadari*



Lokasi kerja
Paling seru kalo dapet projekan yang pemandangannya indah banget kaya waktu ke Papua kemaren, atau bisa kenal sama orang-orang hebat yang selama ini cuma follow di instagram kaya Kak Diera Bachir, seru deh. Kalo kerja di kantoran belom tentu bisa dapet pengalaman kaya gini. Kalo lagi ga ada projekan, sisanya kebanyakan kerja dari rumah. Ya ngedit, foto produk, dan lain-lain. Kerja dari rumah juga enak gue bisa maskeran hampir tiap hari, secara kerjanya di kamar sendiri. Jadi abis mandi langsung maskeran, sambil nuggu maskernya kering ngedit deh. Pori-pori gue sekarang udah ketara banget mengecil dan kulit gue teksturnya jadi jauh lebih halus. Kalo mau jalan-jalan atau nonton juga bisa di hari biasa, ini pas banget sama sifat gue yang gak suka keramaian. Makan gak usah ngantri, nonton bayarnya lebih murah, berangkat sama pulang tinggal disesuain sama yang jam nanggung supaya gak macet. Happy deh. Tapi ada gak enaknya juga kerja dari rumah, minim interaksi sosial. Kalo dulu kan pas ngantor kalo lagi bosen kerja ngegosip sama temen, lah gue di rumah bosen malah bikin bakwan. Hahaha.


Segitu dulu sih yang kepikiran sekarang, yah maklumlah ya baru juga mulai jadi insightnya belum mendalam. Kalo kalian suka dukanya apa? Atau ada yang lagi mau jadi freelancer juga? Pesen gue sih cuma satu, kalau niat dan tujuan baik, rejeki ada aja jalannya dan pasti dilancarkan. Jangan ragu untuk bikin keputusan karena kita hidup cuma sekali, harus bikin yang bisa kita nikmatin dan gak nyesel di kemudian hari. :D


Anyway. gue baru update blog sale banyak tuh, murah-murah banget karena mau bersihin kamar. Cuss ke TKP!




Comments

  1. Menginspirasi nih postingannya. Gue beberapa bulan terakhir galau juga pengen jd freelancer secara udah bosen sama kantoran.hehe

    Semoga bisa seberani lo buat ngambil keputusan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo Haann, kamu pasti bisa! Gue juga tadinya masih mau tahan2 di kantoran, gajinya lumayan banget buat nabung,tapi udah blenek parah sampe tiap ke kantor pucet. Hahahaha

      Delete
  2. menginspirasi ini isi blognya
    aku malah pengen kerja kantoran,tapi ga dapet dapet
    mo freelancer ato buka usaha,bingung mo apa dan mulai dr mana
    kakak dapet inspirasi dan mulainya dr mana sih buat jd freelancer?sharing dong hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku bilang sih kalo belom ada ide mending kerja kantoran aja duluu, soalnya kalo udah ngerjain hal yg kita ga suka pasti nanti jadi kepikiran apa yg bener2 kita mau. Makasii ya idenya nanti aku bikin postnya sendiriii :D

      Delete
  3. nasibkuu sama denganmu tp ttp aja suka sm lbh enjoy y ktmbg krj kantoran *pusing liat bos ngomel wkwkwk xD fighting vani :D skrg mmg ms blm mntu tp mgkn lm lm sp tw jd bukit <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha Toss, Ne! Iya bener lebih enjoy dan happy jadi freelance. Stressnya cuma kalo lagi ga ada kerjaan aja. :P

      Betull, semua hal baru pasti mulai dari kecil, yang penting semangat kita untuk ngegedeinnya ya. Semangat buat kita berdua ya, Sist!

      Delete
  4. hai vani. tulisannya menginspirasi sekali. pas banget hari ini merasa capek dgn rutinitas kantor yg ujung2nya gak bikin bahagia. makasih buat cerita dan semangatnya. semoga secepatnya bisa nyusul buat bahagia dgn apa yg dipilih.
    sukses terus 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Hayuuu... sukses buat kita semua 🙏🏻😊

      Delete
  5. eh itu masker apa yang bisa ngecilin pori-pori? hahaha...*salah fokus.
    sama, pengen fokus ke bisnis aja tapi belom berani. huhu.. sukses terus van.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake Glamglow youthmud sama the bath box yang breakfast porridge, vit.. Enak jadi alus juga kulitnyaa.

      Pelan-pelan aja sambil dicari-cari yang pas sama dirimuu, semoga cepet ketemu ya!

      Delete
  6. Aku benci ketidakpastian 😂 Jadi gaji tetap bulanan at least kudu ada 😄

    Karena alesan kesehatan, sekarang kerja di rumah. Lebih banyak yg bisa dikerjain sih, tapi minusnya jadi nggak punya temen becanda 😂

    Trus nggak bisa keluyuran pulang kantor #eh 😜

    Di satu sisi suami gembira karena aku diem di rumah, tapi di sisi lain akunya kadang mati gaya karena nggak ada yang diajak ngomong kalo bosen 😅

    But it's true, rejeki nggak akan tertukar ya Van. Udah ada yang ngatur 😊

    Best of luck always Van! xo

    ReplyDelete

Post a Comment

Thank you for reading my blog, lovelies~
Every single comment you give always makes me smile for the whole day!
Drop your thoughts here and tell me what you think! Tee hee~
Have a nice day! :D

Popular Posts