2018 Recap

Tahun lalu udah bikin draft poin-poinnya buat 2017 tapi kemudian sadar masih terlalu banyak emosi yang perlu diselesaikan dulu, jadi biarlah dia diam disana menjadi pengingat gue setiap melihat ke belakang. Sekarang kalo liat ke belakang selama 2018 gue bener-bener merasa bersyukur, gak nyangka, berterima kasih, buat semua pengalaman dan kesempatan yang bisa gue dapetin dari awal sampai akhir tahun yang gue gak pernah berpikir akan bisa gue dapatkan.


Yang pasti jadi highlight adalah kesempatan untuk bisa makeup di Fashion & Beauty Spread Femina mulai di bulan September 2018! Selalu bilang dalem ati pengen banget bisa makeupin majalah karena konsepnya pasti keren-keren dan gue emang suka masuk di bagian produksi gitu, jadi orang belakang layar selalu seneng apalagi kalo liat hasil fotonya bagus dan makeup gue bisa mendukung overall looknya. Kesempatan ini bikin otak gue bener-bener kebuka sih untuk gak nyimpen mimpi sendirian, dan jalan itu selalu dibukakan entah gimana caranya. Jadi waktu itu gue lagi makeup dan kebeneran bisa ajak hairdonya Roslyn Hair, dia ini sering banget ngerambutin majalah. Abis kelar kerja gue bilanglah gue pengen ngerjain majalah juga, terus dia bilang nanti dibilangin ke temen-temennya kalo ada yang butuh makeup. Udah, aku gak expect apa-apa. Sampe kemudian tiba-tiba gak lama dari ngobrol sama Roslyn, Sakura nge-WA. Dia bilang mau gak kerjain Femina, dia ditawarin tapi gak bisa, kalo mau nanti nama gue di refer ke stylistnya. OYA TENTU SAJA AKU MAU. Jadi Sakura ini udah langganan banget makeup di Femina dan memang sering kerja bareng Roslyn, jadilah Roslyn yang kasih tau kalau gue mau. Bener-bener gue tuh pas ngomong ke Roslyn gak mikir apa-apa, cuma ngomong aja, tapi ternyata masih banyak orang baik yah ditengah kejamnya ibu kota. :")
Makasi yaa Roslyn dan Sakuraa I love you poreper en olweis.

Oh ngomongin majalah kemarin itu juga sempet di refer sama paguru kesayangan aku untuk makeup profile di Cosmopolitan, dan ternyata yang lagi diangkat itu GAMALIEL TAPIHERU aaakkk kyaa idolaque sedari jaman kuliah yang kemudian ternyata sejurusan, suka sekelas, dan bisa sekelompok bareng. Gila kebetulan yang luar biasa dan menyenangkan sekali.


Karena udah ngomongin paguru aku mau bahas doi sekalian. Sebenernya ngeles sama beliau itu udah dari akhir 2017, tapi ilmu dan kebaikan yang diberikan ke gue jalan terus selama 2018. Jadi aku kan ngeles ambil kelas fashion and commercial sama paguru aku ini, ilmunya sumpah banyak banget yang gue kaya hah heh hoh gitu pas diajarin garuk-garuk kepala. Gue merasa kan gue udah tau lah ya basic makeup, tapi engga sodara-sodara ini paguru ngajari detail banget basic makeup, ilmu-ilmu baru yang gue kalo gak ngeles sama beliau kayanya gak bakal tau apa-apa. Paguru ini definisi serius tapi santai yang pernah gue temuin, dan enaknya, pas belajar gue gak cuma jiplak hasil karyanya tapi paguru itu mematangkan skill dan gaya makeup yang masing-masing orang punya.

Udah kelar ngeles pun paguru selalu ngeliatin hasil karya anak muridnya, kalo ada yang bisa di-improve bakal dia kasih tau, Suka tau-tau ngumpul terus bagi-bagi ilmu. Kita nanya apapun deh yang berhubungan dengan makeup gitu pasti dikasih tau. Gak pernah pelit ilmu. Buat gue pribadi, pas baru kelar ngeles selalu diajak asistenin buat acara fashion dan komersil, biar ngerti sama dunianya, karena emang dari teknik makeup, look, dan suasananya kerjanya itu beda banget sama makeup party/wedding. Selalu dikenalin pun ke orang-orang, gak pernah dinomer duakan gitu, inclusive. Jadi gue bisa kenal sama orang-orang hebat yang hasil karyanya tuh selalu bisa kita liat di billboard sepanjang jalan atau majalah-majalah kenamaan. See? Ngajarnya gak cuma sekedar ilmu makeup tapi juga how to work in the industry. Makanya aku cinta mati banget sama paguruku yang ini.

Paguru aku ini emang seniman banget sih, selain makeup artist juga bikin chinese painting dan kaligrafi dan BAGUS. Gak ngerti lagi. Kalo lagi makeup atau nulis atau ngelukis itu santai banget tapi jadinya perfekto. Dan kalo sama paguru hasil kerja harus yang bener, kalo gak bener nanti gak diakuin jadi murid. Ahahahah. Ya ini becanda sih, becanda tapi serius, XD


Bisa kerja jadi tim-nya Bubah Alfian, ya walaupun baru sekali hahaha tapi seneng bisa liat cara kerjanya dan dipercaya untuk makeup-in di bawah namanya dese.


Bisa punya hubungan baik dan awet langganan ngebantuin merk lokal yang gue udah follow dari jaman doi baru punya sabun cair aja, cuman dulu jarang beli gara-gara mehong aku gak mampu hahahah. Sekarang malah skincare gue didominasi dia semua gara-gara kalo sale gak kira-kira. Pasti udah pada taulah ya itu The Bath Box! Seneng banget, ini juga pertamanya dikenalin sama fotogafer kece Hendi Lim. Tuh kan, emang banyak orang baik ya di dunia ini.


Kemudian di tahun pertama gue fokus berkarir jadi MUA ini bisa dapet langganan yang selalu balik pake jasa gue lagi dan bahkan mereferensikan gue ke temen-temen dan sodara-sodaranya sungguh aku bahagia sekali. Terima kasih ya klien-klienku yang udah kaya temen tiap dimakeupin update cerita. Seneng akutu :")

Selain makeup, setelah terakhir liburan di akhir 2013, akhirnya tahun ini bisa dua kali liburan, quality time sama orang-orang kesayangan. Yang pertama ke Bali di bulan Agustus kemarin dan yang terakhie ke Solo-Jogja di pergantian tahun. Udah lupa aku rasanya liburan, ternyata seneng, ga usah mikirin apa-apa, menikmati waktu, ngobrol ngalor ngidul. Dan selalu liburannya yang selaw gitu loh jadi gak diburu-buru waktu.

Kalo mau dipikir 2018 itu tahunnya percaya, tahunnya sabar, tahunnya bersyukur, tahunnya belajar. Bukannya di tahun lain gak kaya gitu, tapi bener-bener tahun ini ditunjukin gimana kalau kita sabar dan percaya, apa yang kita ingikan semua udah dikasih jalannya, udah disiapkan kesempatannya, tinggal gimana kita menyiapkan diri untuk memanfaatkan momentum itu. Inget banget akhir tahun kemarin denger kotbah di gereja, intinya maksimalkan kapasitas diri kita untuk siap nerima berkat yang mau dikasih ke kita. Itu bener banget. Kalau gue gak belajar makeup bener-bener, begitu ada kesempatan untuk makeupin pengantin gak bakal bagus, begitu dapet kesempatan makeup di majalah gak akan maksimal. Ini bukannya gue kesaksian ya hahaha tapi ini bikin gue mikir untuk gak putus asa ngeliat hal-hal yang belom gue dapatkan, tapi justru di saat-saat ini gue harus belajar dan belajar terus memaksimalkan skill, soalnya kan itu yang gue jual, jadi ketika kesempatan itu datang gue bisa bener-bener ngelakuin dengan baik.

Terima kasih 2018 sudah begitu baik sama gue, semoga 2019 akan semakin baik lagi!



Comments

Popular Posts