Self Improvement


Tadi pagi sambil nyapu gue tiba-tiba kepikiran sesuatu gara-gara gigi gue lagi ngilu, udah lama gak pake retainer jadi giginya udah agak bergeser orbitnya. Terus gue jadi kepikiran hal-hal yang gue lakuin untuk meng-improve diri gue. Self improvement yang gue maksud itu, hal yang gue rubah atau perbaiki untuk membuat diri gue nyaman dengan diri gue sendiri. Gue itu selalu struggle dengan yang namanya percaya diri. Waktu kecil gue itu paling bongsor sendiri dimana-mana, mending tinggi doang, ini pake gendut lagi. Tau sendirilah namanya anak kecil kan hal-hal begituan dijadiin becandaan, mainan biar hepi, cuman kan gue digituin terus ya minder. Gue jadi gak berani untuk ngomong, gue ngerasa orang gak ada yang mau dengerin gue, gak ada yang peduli sama gue karena gue jelek, gendut, yang mana sebenernya itu kaga ada hubungannya, cuman hal itu yang tertanam di otak gue sedari kecil akibat selalu dikatain.

Mulai puber ya gue makin sadar diri dong, mau pake baju keren, mau keliatan cantik, nyari validasi sekitar deh intinya atas keberadaan gue. Hal pertama yang selalu jadi momok gue itu soal berat badan. Pada masanya gue pernah sampe 94 kilogram di kelas 1 atau 2 SMP gue lupa, pokonya GUEDE BAT. Terus entah gimana pas masuk SMA beratnya udah ada di 85 kilogram. Stabil segitu sampe pas mau masuk kuliah mungkin gue stress sama ujian dan soal masa depan (cailah), terus gue sakit maag, apa-apa mual, akhirnya sehari cuma makan sekali, masuk kuliah beratnya udah 71. Ini kurus-kurusnya gue. Stabil segitu sampe kerja. Total dari mulai kerja sampe sekarang berat gue udah naik 9 kilo. Susah banget choy mau nuruninnya lagi, tapi dimana ada niat, disitu ada usaha. Jadi lagi usaha nih. Doain sukses ya!



Kedua, rahang gue udah mulai maju dari jaman SD seinget gue, tapi yaudah dibiarinin aja, soalnya dokter gigi langganan bilang mesti dioperasi kaya Becky Tumewu. Akhirnya pas kuliah mami nanya lagi ke dokternya dan akhirnya dia bilang mau pasangin gue behel. Terus beliau nunjukin foto-foto pasiennya yang punya masalah yang sama dengan gue. Lah, bingung dong aku, kalo dia bisa kenapa gak dari dulu pasangin gue? Ternyata kata bu dokter gigi, dia liat dulu gue cuek banget, gak pedulian, sedangkan pas saat pasang itu gue diliat udah ada kemauan untuk ngebenerin juga soalnya mesti rajin pasang copot karet untuk narik rahang bawah gue yang maju itu. Alasan utamanya dong, "Udah punya pacar pasti mau keliatan cantik buat pacarnya jadi pasti rajin." Mau mati gak HAHAHAHA.

Ketiga, semenjak puber pula, SD nampaknya, karena badan aku besar kebanyakan makan ayam KFC, bulu kaki juga ikutan gak mau kalah. Suzuzurnya gue lupa tepatnya kapan bulu kaki gue numbuh sampe segitu gondrongnya. Yang gue inget pas kelas 5 SD itu pertama kali gue menghilangkan bulu kaki gue yang super lebat itu dengan hair removal cream. Pada jaman itu belom ada Veet, saya ingat. Nah pas ilang bulunya, waw mulus! Tapi abis itu seminggu panas dingin gara-gara hilang sistem penghangat di kaki. Kuliah deh baru rutin tuh nyukurin bulu kaki. Udah ngerasain yang namanya in grown hair yang guatel, kulitnya bersisik, bedarah-darah apalagi kalo pake cukurannya yang udah lewat masanya dan belom di scrub. Malam-malam penuh keperihan itu~

Kalo ada yang bilang bulu dicukur gak nambah tebel, gak nambah panjang, itu artinya belom ngerasain punya badan yang hormonnya kaya gue. Bulu di badan gue itu makin dicukur makin tebel dan panjang, mak. Kalo waktu awal-awal cukuran itu kaki gue bisa terlihat mulus, setelah beberapa tahun abis cukuran pun masih bintik-bintik hitam karena bulunya super tebel, kaya laki-laki brewokan biar kata abis cukuran juga tetep aja bebayang kan, NAH kaki gue begitu percis. Baru numbuh 3 hari tajemnya udah kaya parutan kelapa. Sampe ponakan aku aja trauma gak mau deket-deket betis aku saking tajemnya. Akarnya juga makin dalem, kan gue suka nyabutin tuh, yang baru nongol di atas kulit 1 mm aja pas dicabut yang keluar 4 mm. Sumpah gak boong.

Pengen sih ngelaser gitu ke ZAP ya kan, tapi kalo diitung-itung mahal amit, itu juga gak ada jaminan bakal bisa hilang 100%, gimanalah aku yang perhitungan ini rela keluarin uangnya. Udah nyari-nyari alat laser yang buat di rumah gitu ketemunya barang cina yang tidak terjamin kualitasnya. Aku takut. Eh terus ada keajaiban terjadi, yang namanya jalan Tuhan itu selalu tepat datang pada waktunya. Ada yang jual distributor disini dengan jaminan. Yawislah aku beli, dan ternyata bagus banget, bekerja dengan sangat baik. Bulu kaki aku dan bulu-bulu bagian lain yang ingin aku hilangnya udah tinggal tipis-tipis beberapa helai di sana dan di mari. Masih perlu terus rutin laserannya tapi so far aku bahagia. Sekarang gak cukuran sebulan juga gak ada yang nanyain.



Terus soal cara berpakaian. Sebagai cewek gendut dari lahir, gue selalu kesusahan nyari baju saat gue beranjak dewasa. Saking susahnya sampe waktu kelas 4 SD itu baju gue isinya dress semua, iya, dress ibu hamil. Ga ada baju lagi yang ukuran gueee. Kalo gak isi lemari cuma kaos oblong dan celana kargo hasil beli di factory outlet karena cuma itu yang muat. Kalo sekarang sih untungnya juga oversize itu jadi jaman ya, jadi lebih banyak pilihan. Terus yang jual baju big size dengan model yang kekinian juga udah banyak jadi udah lebih enaklah sekarang tuh. Walaupun mesti pinter-pinter nyiasatin juga kalo pas pake bajunya yang gak bikin gue keliatan tambah gede.




Selain soal fisik juga soal personality. Gue pelan-pelan belajar kalau fisik itu ga menentukan gimana tabiat gue yang sesungguhnya. Kaya contohnya kalo badannya gede itu galak suka marah-marah. Emang gue galak dan sukanya marah-marah, tapi itu bukan karena badan gue gede, oke. Parahnya gue dulu itu karena selalu dibully, gue agak kehilangan sense of empathy, gue bingung dalam kegiatan sosial gitu, gue harus ngapain. Akhirnya gue belajar dari ngeliatin orang, sesepele kalo ada orang dikatain apa yang bakal dia lakukan, kalo beli gorengan perlu ngeliatin mata abangnya apa engga, intinya gue gak berani ngapa-ngapain karena gue ngerasa apa yang gue lakukan itu bakal dibalikin untuk ngebully gue. Ya itu dulu sih sebelom gue pecah kulit, sekarang mah kalo dibully malah gue lanjutin tuh bully-an sampe yang ngebully bingung kok malah lanjut hahaha. Kalo gak gue lanjutin ya paling cuma ketawa selewat aja gak masuk ke hati gitu. 




Last but not least, skill. Ini penting banget gak sih, makin gede makin orang tuh liat dari apa yang kita buat, apa yang bisa kita capai. Faktor keberuntungan emang punya andil yang besar, itu kita gak tau, tapi kalo faktor skill kita bisa atur mau sampe semana skill kita kan. Jadi gue belajar terus, gak mesti ngeles juga ya, dari ngobrol dan latihan-latihan sendiri itu juga penting. Cuma memang gue tau modelan gue ini tipe bukan yang talent, tapi hard work, jadi harus belajar dan latihan terus untuk bisa mencapai tingkat skill yang gue mau. Dan pengetahuan itu gak pernah abis, selalu aja ada yang baru. Sampe sekarang pun masih banyak yang mau gue improve dari diri gue tapi semua kan proses, dinikmatin aja, gue lakuin yang gue bisa lakuin.


***


NB:
Gue nulis postingan ini udah lama tapi males banget buat nambahin fotonya wkwkwkw. Jadi gue kaya baru baca lagi dan keinget oh iya dulu tuh gue ngerasain hal-hal ini ya, sedangkan sekarang gue udah move on ke next insecurity yang mau gue taklukan lagi. 

Comments

  1. Gw baca postingan ini kemarin. Tadinya mau diem-diem bae. Tapi abis baca postingan setelahnya, gw merasa harus bilang. Aku banggga loooh sama kamu! Sebagai orang yg uda kenal dari SMA walo ga deket ampe gimana, tapi gw bisa ngeliat bangeeet progress seorang Vani. Definetely, makin keren!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you so much Sariiiii! Terharu deh aku, ayok main lagi lah kita udah lamaaa

      Delete

Post a Comment

Thank you for reading my blog, lovelies~
Every single comment you give always makes me smile for the whole day!
Drop your thoughts here and tell me what you think! Tee hee~
Have a nice day! :D

Popular Posts