Cara Menghilangkan Bau Badan Misterius


Sebagai penderita kelebihan berat badan sedari kecil, gue selalu bergelut dengan permasalahan keringat berlebih dan bau badan. Segala macem deodoran udah gue cobain, dulu suka banget pake yang stik karena kering dan langsung nempel di kulit, eh ternyata kan gue keringetannya banyak jadi si lilinnya itu malah nempel ke baju, alhasil baju yang putih jadi kuning terus baju yang item jadi putih-putih. Kalo pake yang roll on basah gitu gak suka karena males nungguin keringnya. Serba salah deh, bau badan terkontrol tapi kondisi baju tidak.

Sekitar kuliah, sempet baca ada orang yang cukup pake body spray/parfum aja cukup supaya gak bau badan, pas gue coba bener ajaa udah gak bau, wangi lagi. PD langsung melesat tajam sampai 700% sampe gue pernah bikinin dedicated postnya. Tapi kemudian pas kerja, efek stress karena satu dan lain hal, keringetnya jadi berlebihan banget. Jadi gue tipe yang kalau stress/mikir/panik, itu bakal keringetan semua dari kepala, ketek, telapak tangan, telapak kaki, sampe semua lipatan tubuh deh, kebayang kan tuh. Buat yang belum tau, bau badan itu disebabkan oleh bakteri yang bercampur dengan keringat. Jadi sebenernya kalau gak keringetan itu bisa membantu banget untuk mengurangi bau badan, lah kalo ampe banjir keringetnya kan bayangin aja tuh sendiri hasilnya.

Bolak-balik ganti deodoran, pake detox buat ketek, pake body spray, parfum, scrub ketek sampe merah-merah, gak ada yang berhasil. Rasanya itu ya, malu banget, apalagi sama temen-temen seruangan, dan mereka juga kasian kayanya sama gue. Sampe baru kelar mandi aja itu masih bau coba sampe bingung banget salah makan apa atau kenapa. Singkat cerita si bau itu perlahan menghilang begitu saja, tapi gue masih gak berani untuk pake parfum/body spray aja sebagai pengganti deodoran. Lumayan lama juga hidup dalam ketenangan itu, kira-kira dua tahunan sampe tiba-tiba si bau itu muncul lagi! Baunya menyengat dan menusuk hidung banget pula! Kalo bisa gue deskripsikan seperti influencer parfum, baunya itu kaya bau manis, bau keringet, bau ketek, dan bau deterjen yang kuenceng banget bersatu padu. Ketika si bau itu muncul semua orang sama baunya, gue, Papi, Titi, semua baunya sama dan menyengat. Terus baunya itu heat activated, jadi begitu keringetan langsung deh baunya nongol.

Wah pusing tujuh keliling lagi, mau meninggoy aja rasanya, pengen tenggelam ditelan bumi. Rasa-rasa yang dulu pernah ada kembali menggerayangi isi kepala, “Apakah gerangan yang menyebabkan permasalahan pelik ini ?”. Ngerunutinlah satu-satu, setelah ditelusuri, ditemukan fakta bahwa setiap kali gue bau badan, satu rumah kecuali mami dan cece yang emang jarang keringetan, bau. Dan baunya setipe, menyengat banget sampe idung gatel. Gue coba putar otak gue yang gak seberapa ini, kemudian tak lama gue menemukan jawabannya.

Jadi, adek gue itu kan cowok, ya wajarlah dia bau badan kan, mami udah sering tuh ngoceh-ngoceh kalo dia bau dan mesti pake deodoran. Menurut gue baunya wajar, bukan yang sampe nyengat banget gitu loh. Gue juga ada bau badan, tapi itu juga tipis-tipis dan keluar kalau udah di luar seharian tanpa deodoran gitu loh (fakta ini diketahui setelah permasalahan sesungguhnya sudah terselesaikan ya). Nah baju kita kan dicucinya dicampur, dulu-dulu tuh suka baju daster gue sama cece tiba-tiba ada bau ketek di tempat yang tidak lazim, contoh di bagian perut/punggung. Kan kita bingung ya, jadi kita berpikir-pikir pasti karena di dalem mesin cuci digabung, bisa aja pas baju kita di awal nempel ke bajunya si Titi yang bagian ketek, makanya baunya kok ada di tempat yang aneh. Cuman pas baju gue akhirnya jadi bau di ketek gue gak langsung mikir ke situ dong, gue pasti mikirnya ketek gue udah bau lagi sekarang.

Calon suamiku kan dulu pernah punya laundry, dia suka bilang kalo baju gue itu terlalu wangi, kaya kekencengan gitu wanginya sampe bikin agak pusing. Gue cuek aja tuh, tapi gue sambil pikirin, apa iya karena bajunya ya. Biasa kan baju gue itu selalu dicuciin mami, gue coba untuk cuci sendiri. Cuci pertama udah lumayan banget tuh baunya kaya berkurang 50%, jadi gue cuci lagi semua sendiri sampe 3-4 cycle baunnya sudah hilang! Udah mulai bahagia dong, yey udah gak bau ketek lagi. Nah terus sempet kecolongan mami cuciin baju gue 2 kali, karena pikir kan udah aman baunya udah ilang, nah abis dicuciin mami itu baunya langsung nongol lagi! Wah berarti bener nih ada yang salah sama cara pencuciannya.

Dari analisa gue, ketika bau badan itu aman terkendali, mami tuh kalo nyuci di mesin cuci suka pake yang mode maksimalis gitu, yang nyucinya 2 jam gitu cyclenya, cuman karena itu memakan waktu yang cukup banyak, si mami memotong jalan dengan nyuci dengan mode instan yang cuma 30 menit dengan make pewangi yang banyak supaya bau di bajunya itu ketutup dan gue tau mami gak suka pake sabun banyak-banyak. Ya wajarlah itu bau sampe menusuk hidung, lah wong bakteri penyebab baunya belom ilang, ditumpuk pewangi yang banyak, dipake lagi, nyampur sama keringet lagi, pewangi lagi, maknyos lah itu bau bersatu padu.

Setelah itu gue selalu nyuci baju sendiri, memang jadi agak lama, tapi itu harga yang rela gue bayarkan dibanding gue harus menanggung risih ketika lu tau semua orang bisa nyium aroma menyengat yang berasal dari ketek lu tapi gak enak mau ngomongnya. Cara gue nyuci itu, cycle pertama pake air panas 60 derajat sama sabun doang karena fokusnya cuma buat ngilangin kotorannya dulu aja. Cuci kedua cuci instan normal pake sabun dan pewangi setengah dari anjuran botolnya, fungsinya buat ngangkat kotoran sisanya dan ngasih wangi ke bajunya. Terakhir pake mode bilas dan keringin tanpa pake apapun, fungsinya buat ngebilas sisa-sisa sabun dan pewangi yang mungkin masih nyisa.

Jadi karena gue tipe yang super gampang banget basah keteknya, berarti tuh baju yang udah bau, nempel terus di ketek gue dalam kondisi basah dong, ketek gue termarinasilah dengan bau yang ada di bajunya itu. Makanya abis mandi aja masih bau banget sumpah sampe bingung masa iya sih gue sebau itu, salah makan apa, perasaan makanan dari dulu gitu-gitu aja gak ada yang berubah. It took several weeks to fully get rid of the smell! Baju perlu beberapa kali di deep wash dan ketek juga gue lulurin, gosok pake kapas & micellar water, pake moisturizer ketek, pokonya gue bersihin dan kasih yang wangi-wangi supaya marinasinya berubah.

Pencerahan ini gue temukan setelah melewati banyak weekend dimana gue ngerebusin baju gue buat ngilangin baunya, endless scrolling on google tentang apa kira-kira yang bisa menyebabkan seseorang memiliki bau ketek sebegitu maha dahsyatnya, baju-baju yang rusak karena gue baca kalau pemutih itu bisa membunuh kuman bau ketek di baju, produk-produk detox ketek yang tidak efektif, dan banyak lainnya.

Setelah gue cuci dengan cara ini ya, baju tuh jadi lebih gampang disetrika karena gak ada putih-putih yang secara magis suka nongol pas kita nyetrika itu, karena itu sebenarnya adalah sisa residu entah dari sabun ataupun pewangi yang dipake kebanyakan. Bau tuh bener-bener ilang dari muka bumi, gak ada lagi bau menyengat yang meresahkan. 


Cara-menghilangkan-bau-badan

Selain daripada baju, gue juga perlu ngurus sumbernya. Gue sebisa mungkin selalu mencari alternatif natural selain deodoran karena sepertinya ada kandungan di dalam produk itu yang bikin ketek gue itu item. Dimulai dari gue kelas 3 SD dimana bau asem dan bau ketek mulai mencuat, mulailah gue disuruh pake rexona sama ibu mami, dulu belom ada roll on masih bedak bentukannya. Sekitar 2 bulanan rutin pake, mami bilang pas gue mandi, kok itu ketek ada item-itemnya, gue gosok-gosoklah sampe merah, gak bisa hilang. Yasudahlah pasrah ketek menghitam, daripada bau mendingan ketek gue yang item deh masih bisa ditutupin baju. Cuma lama-lama makin gede kan jadi banyak mikir pengen keteknya putih jadi banyak nyari alternatif. Salah satunya dulu alesan gue memilih pake parfum/body spray buat gantinya deodoran adalah karena hal ini

Gue sih udah tau dari dulu katanya gausah pake deodoran, pake tawas aja. Cuman dulu tuh gatau mesti nyari tawas kemana dan gak pernah nemu orang yang beneran pake. Nah ketemu ini waktu di tiktok pada rame ketek glowing, berbagai macam krim bermunculan kan, tapi gak ada yang ngefek di gue. Pas ada satu cewek dia anti mainstream banget produknya, Satu merk sama si Grece ini tapi gue lupa. Si cewek ini pake Grece buat deodorannya dan pake krim pemutihnya juga. Di dia berhasil, belom putih glowing tapi ada perubahan yang signifakan dan percaya-able, jadilah gue beli dua-duanya. Seperti produk pencerah ketiak lainnya, krim yang ini juga gak ngefek di gue tapi di Grecenya ini ngefek banget! Keringetan mah tetep keringetan,tapi gak bauuu sumpahhh. Jadi wanginya terserah kita aja mau pake parfum yang mana.

Jadi si Grece ini gak berwarna, gak berbau, gak ngerusak baju, dan yang paling penting gak bikin ketek gue tambah item! Yaayyyy! Seperti menemukan harta karun, mana harganya juga cuma 55 ribu. Ini segede telapak tanganlah kurang lebih, pakenya bisa 3 bulan lebih gak abis-abis. Pakenya tinggal dikasih air terus gosokin ke ketek sampe kira-kira udah cukup. Udah gampang banget sumpah. Cuman kurangnya karena bentuknya yang agak bundar dan susah dipegang dia suka jatuh dan pecah. Nah kalo udah pecah sih bisa pecahannya dimasukin ke botol spray aja dikocok-kocok, nanti buat semprot ke ketek, tapi gue gak pernah sih, lebih suka dioles langsung.

Terus pas gue baca flyer di dalem kemasannya, ternyata dia bisa juga buat dipake di daerah kelamin dan jemari kaki supaya gak bau, dan aman karena ini dari bener-bener bahan alami. Nah berarti yang pecah-pecahannya bisa tuh kan kalo bagian selain ketek tinggal semprot lebih gampang ya. Gue sih lagi-lagi belom pernah coba ke selain ketek, tapi berdasarkan pengalaman pemakaian gue kayanya bakal aman-aman aja dan efektif. Ini gue ngoceh panjang kali lebar karena gue mengerti banget temen-temen yang sadar kalau dirinya bau tapi bingung gimana mau ngilanginnya. Semoga membantu!

Comments

  1. Gw berapa taon trakhir juga punya masalah yg mirip niih. Jadi sejak merasa ketek gw menghitam, gw stop pake deo roll on gt. Ga tau sih ngepek atau engga, tp kyknya agak cerahan an teksturnya lbh bagus ga kayak kulit ayam, tapi ya tetep gelep & ga smooth. Trus, bauuu! sekarang gw pake tawas sama sukin deosorant, ini 2-2ny lumayan bisa nahan, tapi ga lama nahannya T.T ada rekomen krim penerah ga van? hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu bau bisa dari deodoran yang udah kelamaan mengendap di ketek kita, Sari! Jadi gue suka gosokin pake kapas sama micellar water sambil agak digaruk pake kuku di kapasnya itu, nanti rontok deh daki-daki lengketnya di ketek, coba rutinin seminggu sekali sampe udah gak gitu banyak lagi dakinya.

      Lu pake tawasnya merk apa? Dulu gue pake si crystal yang mehong itu kaga ngaruh juga, pake si Grece ini ngaruh banget baju semua udah gak ada yang bau lagi dan tahan lama bisa sampe 24 jam nahan baunya. Bahkan kalo gue olahraga biasa 20 menit aja udah baunya nyengat banget, pake si Grece gak bau sama sekali aku sampai amazed!

      Kalo krim pencerah semuanya zonk sih wkwkwkw jadi skrg lagi treatment underarm lightening di Derma Express tapi baru 3 kali jadi belom sampe putih, baru keliatan agak cerahan.

      Delete

Post a Comment

Thank you for reading my blog, lovelies~
Every single comment you give always makes me smile for the whole day!
Drop your thoughts here and tell me what you think! Tee hee~
Have a nice day! :D

Popular Posts