Family Trip Bali - January 2022

As I told you in the last post, kemarin di pertengahan Januari 2022, sebelum Omicron mulai marak penyebarannya di Indonesia, gue sempet liburan ke Bali sama keluarganya Julius selama 12 hari. Ini adalah liburan yang tertunda dari 2020 yang harusnya kita ke Kuala Lumpur tapi terhalang keadaan. Pikir-pikir daripada gak pergi-pergi, better pergi ke tempat yang deket dulu, Bali aja udah paling bener, tinggal pilih tempatnya mau kemana.

Sebenernya agak lucu sih kalo emang jodoh tuh gimana ya, semua dilancarkan banget. Sama keluarganya Julius ini dari awal jadian baru 3 bulanan udah liburan bareng, ke dalam & luar negeri, semuanya dilancarkan dari rejekinya yang ada aja, dikasih ijin juga dari Mami Papi, sama perjalanannya yang semuanya menyenangkan. Bedanya dari perjalanan sebelumnya yang kebanyakan kita pergi berempat, kali ini kita pergi bisa bener-bener full team, Koko, Cici, anaknya 2 (Koko & Dede), gue, Jul, & Papa. Koko Cici kan dua-duanya anak pertama dan udah punya anak juga, jadi kebanyakan kita ikut diurusin juga soal dari hotel, transport, jadwal, semuanya kebanyakan kita tinggal ngikut hahahaha.

Pas kebeneneran kita pergi bareng temen-temennya Koko Cici juga jadi rame banget. Serunya pergi rame-rame itu bisa jadi banyak yang diobrolin, banyak ide-ide tempat enak atau bagus yang bisa didatengin, bahkan sempet foto Sweet Escape juga di Pantai Melasti. Ternyata Pantai Melasti itu bagus banget, guys, airnya bernih warna biru, pasirnya bersih putih, dan luasss banget, jadi walaupun banyak orang gak sumpek gitu loh. Disitu juga banyak beach club atau mau di pinggir pantai aja nikmatin suasana juga bisa. Cuman disana di pantainya kalo mau beli makan mesti di restoran, kalau yang warung-warung gitu adanya di parkiran, beda tempat sama kita mau leyeh-leyeh main di pantai. Itu bener-bener sayang banget ke situ cuman foto doang, kalo ke Bali lagi mau banget sunset-an dan berenang main air laut disana, kemarin kita cuma foto-foto doang.

Walaupun Bali dikenal itu kan sama pantainya ya, guys, tapi gue jarang banget bener-bener ngeluangin waktu buat nikmatin pantainya Bali. Kemarin itu sebenernya ada dua hotel yang ada akses langsung ke pantai, tapi pantainya gak bagus, kotor airnya, pasirnya juga gak enak jadi cuma liat doang abis itu berenang di kolam renang. Oiya gue di Bali hampir tiap hari berenang  kayanya, tiap ada kesempatan berenang terus di hotel, biasanya pagi abis sarapan atau sore abis jalan-jalan sebelum makan malam.

Sempet satu hari kita pake prewed juga, tadinya mah udah kepikiran mau di Bandung gitu yang adem. Pas tau fix berangkat ke Bali ya cus di Bali aja foto-fotonya. Kita kan sampe tanggal 11, prewed tanggal 14, nah dari tanggal 11 itu tiap sore selalu hujan deras. Udah deg-degan banget gak bakal dapet sunset, tapi Tuhan baik, paginya dikasih sunrise yang cantik banget di Kintamani dan sorenya dikasih sunset sesuai harapan di Pantai Cemagi. Gue cuman doa, "Tuhan, kalau Tuhan menghendaki prewed kita bisa dapet sunrise & sunset, maka terjadilah, kita cuma bisa minta, tapi cuma Tuhan yang bisa mengabulkan. Kalau gak dapet yowes gapapa, mungkin nanti foto di hujan bisa lebih romantis." Intinya sih berencanan aja, tapi selalu pasrah sama kehendak Tuhan, ikhlas mau dikasih apa juga boleh, pasti maksudnya baik. Eh dikasih Cahaya Ilahi, cerah seharian itu. Soalnya besokannya kita pas kita pagi nyari sunrise sama semuanya di Kintamani eh malah ketutup awan mataharinya. Juni, fotografer kita kemarin, sampe bilang, kita pasangan yang terberkati. Bener-bener Tuhan sayang sama kita. :")

Selama di Bali, karena Papa baru jatoh kan sebelum berangkat, jadi Papa banyak capeknya, kalo udah sehari di jalan, besokannya dihotel istirahat. Atau pas kita bawa paling setengah hari aja. Agak repot sih jadinya karena kalo ke Villa daerah Ubud itu banyak tangganya, jadi Papa mesti digotong sambil duduk di kursi rodanya, kalau lagi normal sih sebenernya bisa dituntun naik turun tangga pelan-pelan, tapi lagi kaya gitu susah dianya. Salut banget sama Jul & Kokonya yang gak ada capeknya ngurusin Papanya, gak pernah ngeluh selama lagi liburan itu. Jadi inget awal dulu suka sama Jul juga karena dia tipe family man banget, jadi gue yakin pasti gue akan diprioritasin, dan bener sih, dari awal deket sampe sekarang, gue gak pernah merasa kalau gue bukan prioritas buat dia. Gak pernah gue marah-marah karena gue ngerasa gak dianggep.

Kemarin di Bali gue juga pertama kalinya nonton kecak! Sumpah padahal udah bolak-balik Bali berapa kali tapi biasanya cuma sibuk nyobain makanan, kali ini gue pengen nonton sesuatu yang Bali banget gitu, yang gak akan bisa didapetin di luar Bali. Ini kita nonton kecak yang di Uluwatu, konon katanya ini kecak nomor 1 yang ada di Bali. Kalo travelling itu gue suka banget nyobain sesuatu yang emang kita gak bisa dapetin di tempat asal kita. Mulai dari makanan, pertunjukan, pengalaman. Kaya si kecak ini, dia lokasinya di tebing yang langsung ngadep ke laut, acara mulai pas menuju sunset, pakaiannya adat Bali yang detail & intricate yang susah untuk diulang dan dibawa ke tempat lain. Bener-bener berasa banget perbedaan budayanya yang membentuk masyarakat di suatu lokasi. Dan kita bisa menikmati hasil dari budaya yang sudah terbentuk sekian lamanya dan disempurnakan, wah itu bagus banget sih.

Selain itu juga pertama kalinya dalam hidup gue main ATV & rafting! Wah seru banget! Cuman gue pikit ATVnya itu yang pake 4 wheeler tapi keliling-keliling taman gitu liat-liat pemandangan. Gataunya ATVnya main di track yang udah lumayan hard core. Jadi kita kelilingin semi-semi hutan gitu yang full tanah dan taneman tanpa pemandangan, terus tracknya curam-curam jadi deg-degan banget, lebih ke membangkitkan adrenalin. Terus gue sama Julius kan yang paling depan, jadi kita nyobain pertama kali lewatin sungai. Biasanya sungainya tuh gak terlalu tinggi, cuma karena malemnya abis ujan jadi arusnya lumayan kenceng dan kita yang nyobain jalanannya duluan. Udah mau sampe ke pinggir sungai lagi buar naik eh nyangkut dan oleng sampe kita mesti turun dulu buat dibenerin si ATVnya hahahah Tapi seru sih, untung kita di depan jadi bisa coba ngelewatin sungai, yang dibelakang lainnya udah gak bisa.

Lanjut dari ATV langsung menuju tempat rafting. Gue baru tau ternyata untuk menuju dan pulang dari sungai itu mesti melewati anak tangga yang banyak dan lumayan licin karena pas itu gerimis lumayan kenceng. Raftingnya sendiri seru banget, kita dapet guide yang udah pengalaman banget jadi kita seru mainnya diarah-arahinnya. Terus karena rame-rame jadi bisa saling nabrak-nabrakin perahu dan sirem-sireman air. Di tengah-tengah perjalanan ada warung kecil buat kita istirahat, bisa beli pop mie dan minuman. Rasanya enak banget karena kita udah capek jalan jauh, teriak-teriak di perahu, dingin pula, jadi pas makan pop mie panas tuh rasanya enak banget. Untuk harganya sudah bisa dipastikan mahal banget. Kayanya harganya pukul rata 30 ribu deh untuk setiap makanan dan minumannya, cuma harga segitu masih okelah untuk pengalamannya yang belum tentu kita bisa rasain lagi.

Sempet turun juga dari kapal buat foto di air terjun, wah gila seru banget rasanya di outdoor mendung gitu adem, air sungainya dinggiiiinnn banget tapi seger bener-bener dingin seger bukan dingin ngilu gitu. Dulu waktu sekolah sebenernya gue seneng yang kegiatan alam-alam gini, tapi pas kuliah dan setelahnya jadi agak princess maunya yang aman-aman aja. Cuma bener-bener mesti coba sih, ini aman banget dan seru banget buat keluarga, pasangan, temen-temen, semuanya seru.

Kemarin itu kita pergi katanya lagi musim hujan jadi airnya coklat, kalau lagi musim kemarau airnya bisa bening, jadi penasaran pengen nyobain pas lagi airnya bening. Main rafting juga gak cuma ngerasain serunya di dalem kapal aja, tapi juga kita bisa liat pemandangan alam yang masih asli dan bagus banget bener-bener indah ciptaan Tuhan.

***

Pergi kali ini ya bener-bener bikin gue mikir, bisa nikmatin liburan sama keluarga & temen-temen, selagi ada waktu, selagi ada tenaga, luangin deh waktu buat diri sendiri dan orang-orang yang disayang. Kerjaan itu pasti gak akan ada abisnya, tapi waktu kita gak ada yang tau sampe berapa lama masih bisa ngumpul & happy-happy bareng. Cheers to the next adventure!