[The Night Before] Family Trip Bali - January 2022


Biasanya kalo liburan kan gue ga pernah lama-lama ya, paling lama 2 minggu tapi itu juga keliling Jepang - Korea dan pindah tempat terus. Baru kali ini banget dikasih rejeki bisa liburan 12 hari di Bali. Kayak baru bener-bener ngerasain pergi ke suatu tempat dan bisa nikmatin dalam waktu yang cukup lama, santai, dinikmati, sampe bisa ngelaundry sampe 2 kali hahahaha.

Liburan kali ini harusnya di tahun 2020 kemarin kita ke Kuala Lumpur, tujuannya buat ajakin Papanya Julius yang udah lama banget stroke buat jalan-jalan ke luar negeri karena waktu sehat suka ke Cina sampe sebulan, cuma cari yang deket dulu dan wheel chair friendly. Terus yaa taulah ya kenapa gak jadi berangkat, akhirnya tiket pesawat dan hotel yang udah keburu booking dibalikin dalam bentuk voucher. Setelah tunggu punya tunggu, kita putusin untuk pergi ke Bali di bulan Januari 2022 karena di akhir Februarinya gue udah married. Tadinya cuma mau pergi seminggu, tapi karena nyari tiket pesawat yang murah dan dapet diskon hotel juga yang lumayan, akhirnya jadi total pergi 12 hari.

Perginya juga tidak tanpa drama, sehari sebelum kita berangkat, papanya Julius jatoh dan nabrak lemari piring yang kaca tebel, arteri di pundaknya kena dan darahnya gak berhenti ngalir. Waktu papa jatoh kita lagi gak di rumah, dan biasanya memang hari-hari papa ditinggal sendiri karena masih bisa jalan sendiri pelan-pelan dan selama belasan tahun baik-baik saja, tapi ya namanya musibah kan kita gak pernah tau. Kata tetangga sih ada yang denger kalau ada bunyi grompyang sekitar jam 5an, tapi karena ga ada suara orang jadi dipikir mungkin kucing atau apa. Kita sampe rumah jam setengah 8 malam, hari itu gue mau nginep karena besoknya flight pagi jadi biar gak kesiangan si Julius bangunnya. 

Pas nyampe rumah astaga ya itu udah kaya crime scene yang selama ini gue liat foto-fotonya di podcast pembunuhan. Jadi biasa kita masuk ke rumah itu lewat pintu dapur, nah dari pintu dapur itu ada pintu penghubung keruang makan, biasanya pintu itu ditutup, takut ada binatang tak diundang masuk. Julius lagi angkat koper gue yang berat, gue juga lagi bawa koper dan barang-barang lainnya. Gue duluan masuk, pas gue buka pintunya, astaga langsung panik mampus. Rak piringnya itu posisinya pas di depan pintu penghubung sebelah meja makan, di bawah raknya udah menggenang darah lumayan banyak, terus ada bekas seretan darah ke arah kamar di lantai. Udah kebayang banget itu adalah jejak papa nyeret badannya karena kalo udah jatoh ke lantai, papa itu gak akan bisa bangun sendiri karena dia udah stroke yang lumpuh setengah badan.

Gue langsung panik, langsung panggil-panggil Julius, gue gak berani liat duluan. Dia tadinya masih biasa aja, terus pas gue bilang, "Ada darah! Ada darah! Papa berdarah!", dia juga langsung panik dan lompat. Koper langsung dia tinggalin di depan terus masuk ke dalem. Gue yang gak berani masuk diem nunggu di pintu penghubung situ sambil ngeliatin darah dan ngira-ngira apa yang udah terjadi. Gue cuma bisa denger Julius bilang, "Papa! Papa! Papa kenapa?? Papa! Papa! Dede telpon ambulance ya!" Gue bingung banget gatau harus ngapain, gue juga takut gak pernah ngadepin emergency dan di saat itu gue gak berani untuk liat kondisi papa, I was expecting the worst but at the same time in denial of what is happening. Julius lari ke depan karena di dalem rumahnya susah banget sinyalnya. Dia lagi telfonin rumah sakit dan yang gue denger dan liat dari raut mukanya bukan sesuatu yang positif. Dia suruh gue temenin papa di dalem. Ok, gue beraniin diri buat liat papa.

Sumpah selalu nangis tiap inget malem ini. Gue bukan orang yang paling ngurusin orang tua atau gimana, tapi selalu coba ngasih apa yang gue bisa kasih dan paling gak mau mereka tu kenapa-kenapa.  Gue kuatin diri terus gue masuk ke kamar. Disitu gue liat, selimut, bantal, guling, semua udah di lantai, papa rebahan di lantai tapi pungungnya gak ketutupan selimut, jadi punggungnya langsung kena lantai. Bajunya dipake untuk nutupin lukanya. Puji Tuhan Papa masih sadar dan masih nyambung di ajak ngomong. Gue tanya, "Papa mau apa? Kita lagi telfon ambulance ya, Papa tunggu ya". Papa bilang gapapa, cuma dia pengen pindah naik ke ranjang soalnya papa kedinginan. Gue panggil Jul buat angkat Papa ke ranjang, gue gantian jadi yang nelfonin ambulance.

Kita nelfon ada sekitar 6 rumah sakit di daerah Tangerang, mana diangkat telfonnya juga lama. Gue bilang minta dijemput emergency, tapi semua jawabannya IGDnya penuhlah, ambulancenya gak ready, atau ambulancenya baru jalan. Malah ada juga satu rumah sakit gue lupa yang mana, nyolot banget pas gue bilang kira-kira ambulance dia ready kapan. Dia bilang, "Ya kita juga gatau ibu karena ambulancenya baru jalan!" Gue disitu rasanya kecewa, bingung, kesel, ini orang udah mau lewat kaga ada yang mau nanggepin. Akhirnya gue bilang ke Julius, udah kita bawa aja Papa ke rumah sakit sendiri daripada nungguin ambulance gak ada yang bisa. Untung papa masih sadar, masih bisa duduk di kursi roda dan masuk mobil, kalo gak gue udah gak ngerti deh gimana mau ngangkatnya.

Rumah sakit paling deket sama kita itu Omni Hospitals Alam Sutera, kita langsung kesana ke IGDnya. Pas sampe Jul bilang mau ngecek dulu ke dalem, karena pas dia telfon pertama tadi dibilang IGDnya penuh dan gak bisa nerima pasien emergency. Gue nunggu di depan dan satpamnya pun dengan santai bilang, "IGDnya penuh sih bu." Padahal gue liat disitu parkiran lumayan kosong. Ambulancenya pun dingin mobilnya, gak abis dipake. Padahal kita dari nelfon sampe nyampe ke sana gak sampe 20 menit. Satpamnya pun ga ada bantuin nurunin kursi roda atau gimana. Dia malah sibuk ngomong di hate, "Ada pasien dateng, iya saya udah bilang penuh sih" dengan nada gak peduli gitu. Sumpah disitu gue udah emosi banget. Tapi gak lama ada Julius keluar dan nurunin papa, setelah itu ada suster nyusul. Tapi emang satpamnya rada ndablek kayanya, sampe pas kita lagi nurunin Papa dia juga cuman diem doang ngeliatin sambil megang hate, tau dah ngapain. Sampe susternya yang bilangin, "Tolong bantuin dong, Pak!".

Pas masuk, ruangannya sepiiiiii~ kosong, tenang, ranjangnya juga masih banyak yang kosong, dokter jaganya juga anteng lagi duduk. Gue kesel tapi yaudah yang penting papa udah ditanganin. Papa selama dirawat tu anteng, gak ada nangis gak ada apa. Yang paling banyak lukanya itu di bagian kiri badannya, yang mana itu kan udah mati rasa, jadi dia gak sadar bahwa luka di bahu kirinya itu gede dan udah keluar darah banyak banget. Suster aja pas ngecek lukanya sampe muncrat. Sambil nunggu dokter bedahnya yang lagi tindakan di ruang operasi, udah ganti sampe tiga kali kapas dan kassa tebal, masih nembus juga. Kayaknya kita nunggu 2 jam-an sampe akhirnya dokternya turun dan bisa mulai tindakan. Di dua jam itu Kokonya Jul juga udah dateng, papa udah MRI, CT Scan, cek darah, dan semuanya Puji Tuhan semua hasilnya normal.

Selama di rumah sakit udah bingung banget, ke Balinya gimana, mana kita juga flight pagi. Papa tuh biasa aja suka capek kalo duduk kelamaan, gimana ini abis ilang darah banyak. Kita pun tanya Papa dia pengen pulang terus, gamau di rumah sakit. Kita udah pikir apa yaudah ganti tiket baru aja, berangkat 1 atau 2 hari lagi, tapi kita tanya papa dia bilang tetep mau jalan ada ke Bali, bosen ke rumah, Yaudah kita nunggu dokter bilang Papa udah boleh pulang sambil bersihin darahnya dulu yang di rumah, Koko yang tungguin papa di RS.

Pas sampe rumah lagi, hati tu ngilu banget, ngebayangin Papa waktu tiduran nunggu kita pulang tu mikirin apa. Kita kan baru liat darahnya yang di lokasi kejadian, pas kita angkat kasur ternyata disitu lebih banyak lagi darahnya, karena Papa paling banyak ngabisin waktu disana sebelum kita sampe rumah. Bener-bener ngilu dan nangis lagi pas liat itu, yang di bawah ranjang sampe udah menggumpal darahnya. Yang perempuan pasti tau deh kaya kalo kita lagi dapet tamu bulanan kan suka menggumpal darahnya kaya daging, nah ini persis kaya gitu tapi banyak banget. Kalo gue kira-kira itu minimal 6 liter ada darahnya yang keluar. Lagi ngepel sambil nangis lagi, lagi bilang pel-an nangis lagi. Selesai kita ngepel, waktunya kita beresin sprei, selimut, guling, bantal, baju yang kena darah. Itu benda-benda udah bener-bener darah semua, terus di Alsut itu tukang sampahnya maunya ngambil sampah yang muat dalem plastik sampah. Jadilah jam setengah dua pagi kita ngeguntingin bantal guling jadi dua supaya bisa muat di dalem plastik sampah. Bener-bener kaya orang lagi bersihin crime scene.

Tadinya sambil kita beberes Papa udah mau dibawa pulang sama Koko, tapi pas mau naik ke mobil eh lemes pucet kaya mau pingsan gitu, jadi dibalikin lagi ke ranjang. Selesai beberes, kita balik lagi ke rumah sakit, galau lagi gimana ini besok bisa jalan apa gak. Akhirnya papa minum teh manis dulu, makan mekdi sedikit. Udah subuh gak ada yang buka cuman McD paling deket, seberang-seberangan sama RS, Papanya juga minta pulang terus udah gak mau di RS. Setelah nunggu sekitar sejam-an lagi, dicoba lagi bawa Papa pulang tapi pelan-pelan. Jadi dari rebahan duduk dulu, udah aman duduk, coba pindah ke kursi roda, udah aman di kursi roda, baru dinaikin ke mobil. Puji Tuhan bisa pulang dan istirahat sebentar di rumah. Jam setengah tiga pagi sampe rumah, jam setengah tujuh kita udah jalan lagi ke bandara.

Perasaannya selama itu campur aduk, kaya mikir, udah ngasih apa ke Papa, udah bikin dia seneng belum, walaupun baru kenal tiga tahun tapi kan dia orang tua kita juga. Belum bisa kasih dia the life he deserves. Siangnya itu sebelum kejadian, gue di rumah sendiri lagi ngepel kepikiran, si Papa kalo kenapa-kenapa gimana ngehubungin kita ya, soalnya kita sering keluar rumah kan kerja, eh malemnya begitu. Jadinya sekarang langsung pake mbak buat jagain Papa sama beli CCTV yang bisa nyambung wifi dan ada speakernya.

Pasti akan ada aja yang mikir, kok udah tau Papanya begitu kenapa gak dari awal aja pake mbak dan CCTVnya? Karena Papa itu udah stroke dari umur 50-an, dari Jul itu masih SD, dan dari awal pas masih ada mamanya Jul emang gak dimanja karena Mama pengen Papa juga tetep ada kegiatan, karena kalau orang sakit diikutin bakal makin cepet tua karena gak ada kegiatan. Jadi Jul dan keluarganya pun udah terbiasa begitu. Papa kalo di rumah itu masih bisa makan sendiri, jalan sendiri pelan-pelan, nyuci piring, isi air, mandi, semua masih bisa dan jadi lebih sehat dibanding sekarang yang abis jatoh udah sebulan gak bisa ngapa-ngapain sendiri jadi lebih kaya capek gitu mukanya.

Puji Tuhan sih Papanya udah tinggal proses pemulihan aja sekarang, kemarin juga liburan happy bisa cobain makanan-makanan enak, nyobain hotel-hotel enak, bisa bikin memori bareng. Bener-bener disitu ngerasa kalau waktu itu bener-bener gak bisa dibeli. Sebisa mungkin selagi ada waktu, ada rejeki, lakuinlah apa yang bisa dilakuin buat nyenengin orang tua.










Comments

  1. VANIII! Gw pengen nangis bacanya, bayangin kalo itu kejadian di gw. T.T Thanks God banget ya, semuanya berakhir baik. Sehat sehat ya buat Papa Jul!
    ditunggu cerita liburannya kalo ada. hohoho
    Gw seneng looh btw, liat postingan lu nongol 2 biji belakangan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, iya Sari soalnya lagi banyak diem di rumah supaya ga terlalu banyak ketemu orang jadi kepikiran buat ngeblog lagi, udah lama gak ngecharge sendirian lama XD

      Delete

Post a Comment

Thank you for reading my blog, lovelies~
Every single comment you give always makes me smile for the whole day!
Drop your thoughts here and tell me what you think! Tee hee~
Have a nice day! :D

Popular Posts