A Milestone


Ketika gue awal-awal memulai karir menjadi seorang makeup artist, gue sering asistenin paguru ketika dia ada job komersil. Gue inget banget di saat itu gue cuma mikir, "Oohh kayak gini ya suasana produksi komersil..", karena di saat itu gue tau kalau kerja komersil itu bayarannya besar dan gengsi juga naik dong. Gak semua orang dengan gampangnya bisa pegang komersil, apa lagi untuk makeup-in Brand Ambassador. Gue juga mikir untuk bisa masuk komersil tuh susah banget harus punya kenalan, punya pegangan. Sedangkan gue kayak gak punya fotografer atau stylist yang gue juga cocok banget jadi kayak bingung sama siapa dan juga mau kenalnya dari mana.

Ngeliatin adeknya temen kuliah dan temen kuliah yang pada udah pasang pricelist di atas gue, terus yang satu juga makeupinnya komersil mulu walaupun kebanyakan talent yang dia pegang, tapi kan tetep aja megang iklan, pasti bayarannya gede, gue pikir. Ya, sampe sekarang gatau sih ketika itu dia bayarannya gede apa engga, yang pasti gue iri hati dan kepengen banget bisa kaya gitu. Terus ngeliatin temen-temen lain yang kliennya gak abis-abis dan makeupnya juga udah bagus banget. Ketika itu gue masih pasang harga 300 ribu buat makeup basic dan temen gue udah pasang harga 500 ribu, itu aja gue udah ngerasa, "Wah hebat banget ya, mereka kerja seminggu 2 klien aja udah dapet 4 juta.", di saat itu gue kerja kantor dan gaji gue cuma 4 juta, udah setara gaji kerja 20 hari.

Ketika ngeliatin temen-temen lain yang udah maju gitu, rasanya iriii banget, pengen kayak mereka juga. Tapi di kala gue iri itu malah gue diem aja di tempat, ngerasa udah ketinggalan dan jadi males buat usaha gitu loh. Akhirnya gue putusin untuk gausah liat kanan kiri, tapi fokus aja sama apa yang bisa gue lakuin. Memang bener kata orang kalau orang bilang tidak atau tunggu, ya itu artinya kita mau dikasih yang lebih baik dan yang terbaik. Berapa kali dapet kesempatan yang kayanya bisa menguntungkan buat gue, tapi gak pernah ada yang kena atau nyantol gitu, tapi ketika gue udah ikhlas, gue udah pasrah dan bener-bener ngelakuin semuanya yang terbaik, gak nimbang-nimbang untung rugi, tapi cuma fokus berusaha ngasih yang terbaik, eh disitulah Tuhan kasih. Waktunya Tuhan tuh gak pernah salah, selalu tepat. Gue perhatiin, apa yang gue minta sama Tuhan itu selalu dikasih di saat gue udah bener-bener pasrah dan berserah, kayak kalo dapet bersyukur, tapi kalo gak dapet ya legowo, ikhlas.


Gue tuh salah satu orang juga yang bukan punya talenta, tapi tipe orang yang harus kerja keras. Oh, ada eh gue rasa talenta gue itu punya taste yang bagus. Itu talenta apa bukan ya? Hahahha, yaa pokoknya punya gift from God. Jadi gue tau gue mau bikin sesuatu itu kayak apa tapi untuk urusan skill-nya itu nol banget. Gue inget pertama kali belajar makeup di Johnny Andrean itu pas mau pakein lipstick aja tangan sampe tremor. Cuma Tuhan juga kasih gue kemauan keras untuk berusaha dan kepercayaan bahwa gue akan mencapai apa yang gue mau.

Pas gue bener-bener full time jadi MUA, itu juga kan di saat gue deket sama Tuhan Yesus dan dari momen itu, gue selalu merasa gue punya masa depan yang indah, walaupun di kala itu gue juga semuanya belum jelas, tapi setiap gue berdoa gue selalu ngerasain kayak kedamaian gitu bahwa semuanya akan baik-baik saja. Gue ngerasa punya pegangan untuk maju terus, gue yang tadinya hidup selalu dipenuhi ketakukan untuk berbuat salah dan ketimpa sial, jadi bisa ikhlas dan menerima bahwa apapun itu yang terjadi di hidup gue, baik ataupun buruk, itu adalah bagian yang harus gue lewati karena gue lagi dibentuk sama Tuhan untuk menjadi pribadi yang lebih baik.


***


Tuhan baik, ngasih gue bisa pegang iklan, bisa naikin harga gue melampaui bayangan gue, di saat gue udah gak norak sama hal itu. Gue yakin banget kalo Tuhan lebih dulu ngasih gue bakalan sombong dan gede kepala, sampe lupa untuk bersyukur dan berkembang. Tuhan kasih gue apa yang gue mau, bahkan lebih, itu di saat gue sudah bisa bersyukur dan inget kalau semua rejeki yang gue terima itu semua siapa yang ngasih, siapa yang mencukupkan, siapa yang memelihara.

Sebuah titik pencapaian buat gue itu ketika gue dipercaya oleh Brand Ambassador untuk makeupin dia dalam project komersil. Kita sendiri tau kan kalau di iklan semuanya keliatan bagus, pasti dari Brand Ambassador itu sendiri juga mau keliatan jadi yang terbaik di dalam iklannya apalagi dia sebagai pusat perhatian. Bener-bener terharu banget ketika gue tau kalau gue dijadikan pilihan MUA utama ketika sang BA mendapatkan project iklan. Ditambah lagi di project ini gue berani untuk speak up tentang apa yang menurut gue akan terlihat bagus sesuai konsep iklan tersebut, di approve dan klien happy dengan look yang gue buat.



Beberapa kali gue pegang project iklannya Titi, tapi sebelum-sebelumnya itu looknya dipilihkan oleh agency/klien, nah di iklan Lazada ini gue bener-bener pilihin look yang sesuai dengan gaya makeup gue, sesuai dengan personalitynya Titi, sesuai dengan konsep, dan hasilnya bener-bener bikin semua pihak yang terlibat itu puas. Di iklan inilah gue bener-bener ngerasa bahwa ini lah hasil kerjaan gue, look yang gue bikin dan gue yang eksekusi. 



Dulu gue pikir makeup itu semua sama aja, barang-barangnya juga itu doang, tapi ternyata mata dan selera dari seorang MUA itulah yang paling mempengaruhi hasil akhirnya. Ketika gue menyadari itu, gue jadi menyadari bahwa gue punya value, gue punya keunikan sendiri yang bisa membedakan gue dengan MUA lainnya. Dari situ juga gue kayak menemukan kembali a sense of purpose. Bahwa ada di luar sana orang-orang yang selera makeupnya sama seperti gue, tapi mereka gak bisa atau gak tau cara achievenya, disitulah gue punya purpose untuk bikin orang merasa cantik karena that feeling is definitely priceless for a woman. 

Di awal minggu ini, ketika gue lagi libur dan melihat jadwal, gue baru sadar kalau di akhir menuju awal bulan yang baru nanti gue akan megang 4 project komersil. Ketika gue meresapi hal itu gue nangis, bener-bener nangis. Bener-bener nggak nyangka bisa ada di posisi ini. Dari gue yang kebingungan mau masuk industri komersil lewat mana, sampe gue yang bisa pegang 4 project dalam seminggu. Terus sadar juga sekarang udah punya admin dan associate yang baik, yang satu visi misi dengan VS Makeup Studio, makin nangis lagi. Tuhan baik banget sama gue, Tuhan sayang banget sama gue, dikasih rejeki dan kesempatan yang berlimpah ruah. Makasih banyak, Tuhan Yesus. :")






Tentunya ini bukan tujuan akhir gue, masih banyak tujuan besar yang gue pengen capai, tapi ini kaya titik poin satu dari banyak titik poin lain yang mau gue capai lainnya. Masih harus kerja keras dan berjuang lebih banyak lagi, berani ambil tanggung jawab yang lebih besar lagi. Ibaratnya mendaki, post ini jadi tempat gue istirahat untuk menikmati pemandangan indah yang udah bisa dilihat dari sini. Cheers to more ups and definitely a whole lotta downs coming in our ways, but I'm sure we'll make it through stronger!

Comments

Popular Posts