A Place I Call My Home



Finally the last move to our very own house! Memang belum 100% kelar waktu kita pindahan dan tinggalin tapi rasanya bener-bener nyamaaannn banget! Even the newspaper on the windows, the unfinished stair steps, the rooms turn into storage, everything feels so comfortable!

Untungnya kali ini pindahannya cuma selisih satu cluster, jadi bisa dikerjain lebih cepet dari pindahan sebelumnya. Kali ini pun masih sama kita pindahan berdua dengan cuma dibantu bapak Lalamove pas bagian ngangkat barang-barang yang berat dan besar. Pindahan kali ini seperti perkiraan lebih "mudah" karena kita berarti udah 3 kali decluttering barang-barang ketika kita masih single. Pertama waktu mau ngosongin rumah ini sebelum dirobohin, kedua dari kamar gue yang semi-semi hoarder ke Kebon Jeruk, ketiga ketika kita mau pindah dari Kebon Jeruk ke kontrakan di Tangerang. Paling berasa pas pindah ke Tangerang lagi sih soalnya pas di kontrakan ruang untuk kita nyimpen barang itu benar-benar terbatas, jadi gue banyak beli container untuk simpen segala jenis barang. Enaknya ada container itu, semua barang perintilan bisa disimpen sesuai kategori, terus containernya kita bisa susun tumpuk ke atas jadi ruang gerak di lantai jadi lebih lega walaupun gak lega-lega banget.

Hal yang paling kita merasakan perbedaan ukuran dari kontrakan dan rumah ini adalah waktu kita nyapu. Kemarin waktu di kontrakan yang cuma sepetak, nyapu dari belakang sampe depan itu paling cuma 3 menit, lah sekarang kita nyapu doang dari atas ke bawah ampe pegel baru kelar, itu juga belom sama bersihin kamar. Hahahaha. Bersyukur banget sih bisa bangun rumah sesuai yang kita mau, yang bikin kita ngerasa nyaman tinggal disini.

Concern gue ketika mendesain itu paling banyak di pembagian ruang yang kemudian ngaruh ke pencahayaan alami dan sirkulasi udara. Gue mau pembagian ruangan itu terasa lega jadi kalo jalan atau gerak gak takut nyenggol-nyenggol, mau pencahayaan bagus karena gue suka banget cahaya alami dari matahari soalnya di mata dan di kamera itu bener-bener lebih enak dilihat, terakhir gue mau di semua ruangan sirkulasi udaranya harus bague jadi gak demek dan lembab. Udara ini bener-bener penting banget sih, soalnya waktu di kontrakan aja ada satu kamar yang jadi kamar serbaguna, isi baju, tempat dandan, sekalian gudang juga buat baju dan barang-barang kenangan, itu aja baru ditutup seminggu walaupun ada lubang ventilasi tetep bau aneh gitu. Gue gatau bau apa tapi gue merasa kayak bau gudang aja gitu, bau debu mungkin yah.

Di rumah ini semua kamar ada jendelanya dan berfungsi dengan baik, dulu gue di rumah bokap nyokap juga ada jendela sebenernya, jendelanya gede banget malah, tapi depannya itu jalan raya yang berisik dan bener-bener debunya banyak banget. Alhasil gue jarang banget buka jendela jadi yaa kamarnya tetep aja bau apa yah, kayak demek tapi bukan demek gitu, makanya selalu nyalain AC supaya baunya ketutup sama bau AC. Selain untuk sirkulasi, jendela-jendela ini juga bikin kamar jadi terang kalo siang jadi agak hemat listrik sedikit.



Sekarang udah hampir sebulan kita tinggalin rumah ini, setiap lagi bengong ada aja hal yang reminds me of good memories. Paling banyak gue merasa kayak lagi di villa Bandung, Bogor, atau Puncak, soalnya lingkungannya juga sepi, paling sesekali bunyi motor atau mobil lewat, angin selalu sepoi-sepoi, dan desain rumah ini karena bener-bener sesuai selera jadi bengong aja happy banget rasanya. Apalagi waktu cuaca lagi cerah, bener-bener rumah sesuai yang gue bayangkan banget.

Siang ini sambil ngeliatin Julius yang lagi ngerapiin tempelan koran di jendela, gue masih mikir gila banget gue bisa bangun rumah sendiri pake duit sendiri, padahal 4 tahun lalu waktu kita mau nikah itu kita bener-bener gak punya duit, gak punya tabungan, gak tau juga mau ngumpulin duit darimana, tapi ya begitulah kebaikan Tuhan, kadang kita gak ngerasain di saat itu sedang terjadi, tapi pas kita nengok ke belakang ternyata Tuhan selalu gandeng tangan kita, gak pernah lepas hidup kita dari penyertaan-Nya. 


Comments

Popular Posts